Apakah Umat Islam Harus Mencari Restoran Halal saat Berlibur?

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2020 04:00 WIB
Ilustrasi makan di restoran Ilustrasi. Islam mengatur manusia untuk memakan, meminum, dan mengonsumsi barang-barang yang halal. (Jay Wennington)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama bulan Ramadan 2020, CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam. Kali ini, tanya jawab seputar Islam berbicara soal cara keharusan umat Islam untuk mengonsumsi makanan dan minuman halal.

Tanya
Apakah umat Islam harus mencari restoran bersertifikat halal saat berlibur?

Jawab
Narasumber: Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA


Ass. Wr. Wb.

Apa yang harus kita lakukan saat kita berjalan-jalan ke sebuah negara minoritas Muslim dalam memilih makanan?

Makanan adalah sesuatu yang memiliki ajaran dan patokan dalam Islam. Islam mengatur manusia untuk memakan, meminum, dan mengonsumsi barang-barang yang halal.

Di Indonesia, mendapatkan makanan yang halal adalah hal yang mudah. Mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim, sehingga makanan dan minuman yang dihidangkan biasanya halal.

Tapi, bagaimana jika kita melakukan perjalanan ke luar negeri di mana Muslim menjadi minoritas? Bagaimana keharusan kita saat memilih makanan?

Beberapa negara maju sudah memiliki aturan tentang makanan yang sehat. Beberapa tempat juga sudah menerapkan sertifikasi halal.

Jika kita bisa memilih warung makan atau restoran, maka pilih lah makanan dan minuman yang memiliki label halal di dalamnya. Jika tak ada label halal, maka kita bisa melihat bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan utama makanan dan minuman tersebut. Negara maju biasanya mencantumkan bahan-bahan dasar makanan dan minuman yang disajikan.

Apabila ditemukan bahan yang tidak dibolehkan dikonsumsi oleh Muslim, maka kita harus menghindarinya.

Wass. Wr. Wb.

[Gambas:Video CNN]

(asr)