Bagaimana Kedudukan Jilbab dalam Islam?

Tim, CNN Indonesia | Senin, 04/05/2020 04:09 WIB
Muslim woman in hijab Ilustrasi. Sebagian ulama menganggap jilbab sebagai kewajiban bagi kaum muslimah, sementara sebagian lainnya menganggap bahwa hijab tak menjadi wajib bagi kaum perempuan Islam. (Istockphoto/selimaksan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama bulan Ramadan 2020, CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam. Kali ini, tanya jawab seputar Islam bicara soal kedudukan jilbab dalam Islam.

Tanya
Bagaimana kedudukan jilbab dalam Islam?

Jawab
Narasumber: Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA


Ass. Wr. Wb.

Persoalan fesyen atau pakaian memang menjadi salah satu hal yang didiskusikan secara intensif di dalam Islam. Bahkan, kajian tentang jilbab di dalam Islam telah menghasilkan ratusan bahkan ribuan buku.

Hal ini menjadi indikasi bahwa persoalan memakai jilbab menjadi bagian yang sangat penting bagi komunitas Muslim. Tak terkecuali komunitas Muslim di Indonesia, di mana sudah sejak lama kita mendiskusikan apakah seorang muslimah diwajibkan untuk mengenakan jilbab.

Di dalam Islam, sejumlah ulama memiliki perbedaan pendapat tentang kewajiban memakai jilbab. Kalangan ulama mainstream berpendapat bahwa memakai jilbab merupakan kewajiban kaum muslimah. Namun, sebagian ulama lain mengatakan bahwa jilbab tak diwajibkan dalam Islam. Yang diwajibkan terhadap perempuan Islam adalah memakai pakaian yang sopan dan sesuai dengan tradisi serta kebudayaan setempat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa secara historis, jilbab sesungguhnya bukan hanya menjadi pakaian kalangan muslimah. Tapi, pemakaian jilbab juga sudah lama dikenal dalam tradisi agama-agama terdahulu seperti Yahudi dan Nasrani.

Berdasarkan sejarah ini, maka pemakaian jilbab itu memiliki referensi yang cukup panjang. Referensi itu tak hanya berhenti di Islam, tapi juga merujuk pada tradisi-tradisi sebelum Islam.

Kemudian di dalam Islam sendiri pemakaian jilbab dilembagakan dan diwajibkan oleh sebagian ulama. Sebagian ulama lainnya memandang bahwa yang penting [diikuti kaum muslimah] adalah memakai pakaian sopan.

Namun demikian, seorang muslimah memiliki pilihan untuk mengikuti pendapat yang mana pun. Apakah mengikuti jilbab sebagai kewajiban atau pakaian sopan sebagai kewajiban kaum muslimah.

Wass. Wr. Wb.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)