Corona, Situs Sewa Properti Perketat Protokol Kebersihan

CNN Indonesia | Selasa, 28/04/2020 11:35 WIB
Ilustrasi Kamar Hotel Ilustrasi. (davidlee770924/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs penyewaan properti, Airbnb, akan menerapkan protokol baru terkait kebersihan properti demi memberi kenyamanan dan keamanan bagi pelanggannya di tengah pandemi virus corona.

Aturan yang akan diterapkan pada bulan Mei itu menyerukan "panduan peningkatan prosedur membersihkan setiap kamar di rumah," serta program sertifikasi untuk mengidentifikasi properti yang memenuhi standar baru.

Airbnb menetapkan kebijakan keselamatan baru berdasarkan panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dan para ahli lain di lapangan, di tengah tanda-tanda pelonggaran pembatasan perjalanan di beberapa negara.


"Kami bekerja keras untuk mendukung komunitas mempersiapkan masa depan industri perjalanan, dengan fokus pada kesehatan dan pencegahan," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, seperti yang dikutip dari AFP pada Selasa (28/4).

"Protokol pembersihan rumah bagi host [penyewa] akan mencakup informasi spesifik tentang pencegahan COVID-19, seperti penggunaan peralatan pelindung pribadi, masker, dan sarung tangan untuk penghuni atau tim pembersih mereka, serta desinfektan yang disetujui oleh pihak berwenang."

Standar baru ini juga akan mencakup masa tunggu 24 jam antara tamu lama dan tamu baru.

Host yang belum bisa menerapkan protokol baru dapat memilih "tunda pemesanan (booking buffer)" yang berlaku selama 72 jam.

Industri pariwisata secara keseluruhan mendapat pukulan besar dari pandemi global yang mematikan ini.

Airbnb mengatakan pihaknya berharap protokol baru akan membantu memberikan kontribusi untuk pemulihan sektor pariwisata yang bermasalah.

"Meskipun risiko dalam perjalanan tidak pernah dapat sepenuhnya dihilangkan, dan beragam penelitian masih terus berkembang, inisiatif ini dirancang untuk mendukung dan melindungi para pemangku kepentingan kami," kata perusahaan itu.

"Para tamu dapat dengan mudah mengidentifikasi daftar properti yang memiliki tindakan pencegahan. Host dapat mengakses materi soal pembersihan yang didukung para ahli untuk menunjukkan bahwa mereka memperhatikan kebersihan dan tindakan pencegahan dengan serius."

[Gambas:Video CNN]

(AFP/ard)