Keutamaan Sedekah, Hilangkan Cemas hingga Tolak Wabah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 30/04/2020 10:01 WIB
Pengguna jalan melintas di dekat poster motivasi iman di Yogyakarta, Selasa (7/6). Poster yang terpasang pada sejumlah titik di kota Yogyakarta itu memberi nuansa semarak di bulan Ramadan yang penuh berkah. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pd/16. Ilustrasi: Sedekah bentuknya bukan melulu pemberian harta dan benda. Bahkan senyum pun bisa bernilai sedekah. (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedekah adalah amal ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ada sejumlah keutamaan sedekah mulai dari menghilangkan cemas, menyembuhkan penyakit hingga menolak wabah.

Sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Bentuknya tidak hanya memberikan harta dan benda, tapi amal kebaikan bahkan senyuman juga bernilai sedekah di sisi Allah.

"Berbagi dengan sesama atau familiar dengan nama sedekah sangat dianjurkan dalam syariat Islam. Banyak sekali manfaatnya," kata Ustazah Aini Aryani dalam konferensi pers Sahaja beberapa waktu lalu.



Berikut keutamaan sedekah.

1. Menghilangkan cemas
Ustazah Aini menjelaskan, Allah SWT menjanjikan hati yang tenang kepada orang-orang yang bersedekah.

"Manfaatnya bisa menghilangkan rasa khawatir, menghilangkan cemas, dan khawatir," kata Aini.

Janji Allah itu sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 274.

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 274.

Happy calm teen girl enjoying good smell or pleasant fragrance, serene mindful young woman taking deep breath feel no stress free inhaling fresh air relaxing isolated on white grey studio backgroundIlustrasi: Bersedekah bisa mendatangkan ketenangan. (Foto: Istockphoto/fizkes)


2. Penyembuh
Sedekah juga dapat menjadi obat penyembuh bagi orang yang sakit. Aini menyarankan setiap orang untuk meniatkan kesembuhan ketika bersedekah. Rasulullah pernah mencontohkan jika tak ada obat dari suatu penyakit, maka bersedekahlah.

"Sedekah menjadi perantara menyembuhkan penyakit misalnya kerabat atau orang tua kita. Dalam syariat Islam disunahkan untuk bersedekah dengan berdoa kepada Allah untuk mengangkat penyakit tersebut," ucap Aini.

3. Menolak wabah dan menolak bala
Sedekah juga dapat menjadi penolak wabah dan penolak bala, terutama di masa pandemi virus corona.

"Sedekah bisa melindungi atau menolak 70 macam wabah. Oleh karena itu perbanyak sedekah agar keluarga kita terhindar dari wabah," kata Aini.

Warga melintasi lukisan 3D yang menggambarkan sebaran virus Corona (Covid 19) yang semakin ganas di tembok dekat dengan Stasiun Depok Baru. Jumat (17/4/2020). CNN Indonesia/Andry NovelinoIlustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Warga melintasi lukisan 3D yang menggambarkan sebaran virus Corona (Covid 19) yang semakin ganas di tembok dekat dengan Stasiun Depok Baru.


4. Menghapus dosa
Sedekah juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat At Tirmidzi yang menyebutkan sedekah dapat menghapus dosa seperti air memadamkan api.

5. Keberkahan harta
Allah menjanjikan orang yang bersedekah tidak akan kekurangan harta benda. Di sisi lain, Allah memberikan keberkahan pada harta tersebut.

[Gambas:Video CNN]

6. Dilindungi dari siksaan
Bersedekah dapat membuat seseorang terhindar dari siksa kubur dan memperoleh naungan di hari pembalasan. Allah juga menyediakan pintu surga khusus bagi orang yang rajin bersedekah.

7. Pahala yang terus mengalir
Sedekah termasuk dalam pahala yang terus mengalir kepada seseorang. Dalam hadis riwayat Muslim dijelaskan Rasulullah bersabda, jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang soleh. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK