Pentingnya Kebersihan saat Beribadah dalam Islam

tim, CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2020 19:44 WIB
Umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih saat permukimannya terdampak pemadaman listrik di Cinunuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Selama pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau agar masyarakat untuk melaksanakan Shalat Tarawih di rumah guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww. Kebersihan merupakan faktor penting saat beribadah dalam Islam. Sebuah hadist menyebut kebersihan adalah sebagian dari iman.(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebersihan merupakan faktor penting saat beribadah dalam Islam. Sebuah hadist menyebut kebersihan adalah sebagian dari iman.

Ustazah Aini Aryani dari Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan kebersihan adalah syarat sah dan diterimanya ibadah seorang muslim.

"Kebersihan dan kesucian menentukan ibadah. Kalau lantai rumah ada najisnya, maka enggak bisa salat. Tempat kita sujud, pakaian, dan badan kita harus suci. Kalau enggak suci, enggak sah," kata Aini dalam konferensi pers Sahaja, Selasa (28/4).


Allah SWT berfirman dalam Surat A-Baqarah ayat 222 bahwa Allah menyukai orang yang menyucikan diri.

"... Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri," terjemahan Surat Al-Baqarah ayat 222.


Selain menentukan diterimanya ibadah seseorang, Aini menyebut kebersihan juga menambah kekhusyukan ibadah seseorang. Pasalnya, suasana dan lingkungan yang kotor membuat ibadah seseorang bakal terganggu.

Selain itu, Islam juga sangat mengutamakan kebersihan. Aini menyebut Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak akan masuk surga seseorang yang tidak menjaga kebersihannya.

"Menjaga kebersihan adalah salah satu cermin penduduk surga," ucap Aini. (ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]