5 Keutamaan dan Balasan bagi Orang yang Sabar

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 02/05/2020 14:59 WIB
ilustrasi berdoa Ilustrasi: Orang-orang yang sabar dijanjikan menuai balasan kebaikan kelak. Sikap sabar pun memiliki banyak keutamaan, berikut di antaranya. (Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap orang dituntut untuk dapat menjalani hari dengan sabar, terutama saat menghadapi masalah, ujian dan cobaan, seperti pandemi infeksi virus corona (Covid-19). Ada banyak keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar dalam Islam. Allah SWT menjanjikan balasan baik untuk orang yang sabar.

Sabar diartikan sebagai tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, dan tidak lekas putus asa. Sabar juga berarti tenang dan dapat mengendalikan emosi dan diri saat diterpa banyak godaan dan ujian.

Keutamaan dan janji Allah untuk orang yang sabar banyak terdapat di dalam Alquran. Berikut keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar.



1. Kesudahan yang baik
Allah SWT menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan. Janji Allah ini terdapat dalam surat Hud ayat 49 dan Ar-ra'd ayat 22.

"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)," surat Ar-Ra'd ayat 22.

2. Keberuntungan
Allah SWT juga bakal memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar, sesuai dengan surat Ali Imran ayat 200.

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung," surat Ali Imran ayat 200.

Silhoutte of muslim woman praying during fasting holy month of ramadanIlusrasi: Bersyukur. (Foto: iStock)


Dalam surat Al-'Asr ayat 2-3 juga disebutkan orang-orang yang sabar saling menasihati kesabaran tidak masuk dalam golongan manusia yang rugi.

3. Disukai Allah
Sesuai surat Ali Imran ayat 146, Allah SWT berfirman Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Dalam surat Al-Anfal ayat 46 dan Al-Baqarah 249 disebutkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

4. Diberi petunjuk
Allah bakal memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar. Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 155-157.

"... Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk," surat Al-Baqarah ayat 155-157.


5. Martabat yang tinggi di surga
Di akhirat, Allah menjanjikan martabat yang tinggi bagi setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia dengan sabar.

"Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya," Alquran surat Al-Furqan ayat 75. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]