Resep Sahur Praktis dan Hemat: Telur Dadar Kuah kecap

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/05/2020 03:00 WIB
Beaten eggs and a hand whisk in a stainless steel bowl on a country kitcken table with a box of eggs Kalau bosan dengan lagi-lagi telur dadar, telur ceplok, atau orak-arik, cobalah buat resep telur dadar kuah kecap yang gurih dan praktis.(iStockphoto/al8er)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang biasanya selalu ada di lemari es. Telur juga termasuk bahan makanan yang praktis dan mudah diolah menjadi beragam jenis makanan. 

Namun buat makan sahur, telur tak melulu cuma bisa diolah jadi telur dadar, telur ceplok, atau telur orak-arik. Sedap memang, apalagi jika disantap bersama nasi panas dan siraman kecap manis. Comfort food banget. 

Tapi kalau bosan dengan lagi-lagi telur dadar, telur ceplok, atau orak-arik, mengapa tak coba buat resep telur dadar kuah kecap. Dijamin makan sahur Anda bakal jadi lebih enak karena rasa telurnya jadi lebih gurih dan sedap. Yuk cobain. 


Resep Sahur Praktis dan Hemat: Telur Dadar Kuah kecap



Bahan:
3 buah telur ayam
2 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, cincang
1 buah cabai merah keriting, iris serong
1 sdm saos tiram
150 ml air
Kecap manis secukupnya
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Minyak untuk menumis



Cara membuat:
1. Pecahkan telur ayam dalam wadah, tambahkan garam dan lada secukupnya. Kocok lepas.
2. Siapkan penggorengan, tambahkan sedikit minyak. Masukkan setengah adonan telur kocok, kemudian goreng dan lipat (dadar gulung). Lakukan hal yang sama dengan sisa telur
3. Setelah telur dadar dingin, bagi masing-masing telur menjadi 3 potong sama besar. Anda akan mendapat 6 buah irisan besar telur dadar. Sisihkan.
4. Panaskan wajan dan minyak untuk menumis. Masukkan bawang merah, putih, dan cabai ke dalamnya. Tumis sampai harum.
5. Tambahkan saos tiram dan kecap, masak sampai harum. Masukkan air ke dalamnya. Didihkan.
6. Masukkan irisan telur ke dalamnya. Jika ingin kuah yang lebih banyak bisa tambahkan air kembali. Sesuaikan rasa dengan gula dan garam. Aduk rata. Didihkan.
7. Angkat dan resep telur dadar kuah kecap siap sajikan dengan nasi hangat untuk sahur.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK