Resep Gorengan Praktis untuk Buka Puasa: Bakwan Jagung Renyah

CNN Indonesia | Jumat, 01/05/2020 15:11 WIB
Bakwan Jagung Selain pisang goreng, tahu isi, tempe goreng tepung, ada menu gorengan lain yang bisa Anda coba, bakwan jagung renyah dan praktis. ( iStockphoto/AmalliaEka)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang suka menyantap gorengan sebagai takjil berbuka puasa mereka. Tak aneh, orang Indonesia memang suka berbagai makanan renyah. Selain pisang goreng, tahu isi, tempe goreng tepung, ada menu gorengan lain yang bisa Anda coba. 

Salah satunya adalah bakwan jagung renyah. Bakwan jagung biasanya ditemukan di restoran Manado. Penganan ini juga biasanya disajikan sebagai lauk. Namun Anda juga bisa mengudapnya, triknya, buat dalam ukuran kecil dibanding bakwan jagung Manado. 

Selamat mencoba untuk takjil buka puasa. 


Resep bakwan jagung renyah. 


Bahan:
7 buah jagung manis, sisir
4 siung bawang putih
1 butir kemiri
3 buah cabe merah keriting
2 butir telur
2 ikat daun bawang, iris
80 gram Tepung terigu
20 gram tepung maizena
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Minyak untuk menggoreng


Cara membuat:
1. Tumbuk kasar jagung. Namun jangan terlalu halus seperti bubur. Sisihkan
2. Bumbu: Haluskan bawang putih, kemiri, cabe merah, garam, dan lada.
3. Ambil wadah jagung yang sudah ditumbuk kasar, tambahkan bumbu halus ke dalamnya, daun bawang, telur, tepung terigu, tepung maizena. Aduk rata.
4. Tambahkan garam dan lada, sesuaikan rasa dan tekstur. Tekstur adonan bakwan jagung tak boleh encer agar tak pecah saat digoreng. Sebaliknya tak boleh terlalu kental agar tak terlalu tebal. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air.
5. Siapkan wajan. Tambahkan minyak ke dalamnya. Setelah panas, ambil 2 sdm (ukuran bisa sesuai selera) adonan bakwan jagung kemudian goreng. Lakukan sampai adonan habis.
6. Goreng sampai matang dan berubah warna. Angkat, tiriskan.
7. Sajikan bakwan jagung sebagai takjil untuk berbuka puasa. Anda juga bisa menyimpan adonannya dalam lemari es dan goreng saat akan sahur di pagi hari. (chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK