Rekomendasi Restoran Buka Puasa Menu 'Delivery'

tim, CNN Indonesia | Minggu, 03/05/2020 16:00 WIB
Cover Fokus Kuliner Ramadan Seiring dengan anjuran pemerintah untuk melakukan PSBB, beberapa restoran mengalihkan sementara dine-in menjadi delivery. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat penerapan PSBB dan karantina seperti sekarang ini, Anda pasti menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, termasuk untuk memasak.

Namun ketika hampir tiba waktunya berbuka puasa dan menjelang weekend, rasa malas masak seringkali mendera. Lalu mau buka puasa apa hari ini?


Memang ada beberapa restoran favorit yang buka. Namun Anda tak bisa makan di sana alias harus membungkus dan membawa pulang makanan ke rumah. Cara yang lebih mudah lagi adalah dengan memesan makanan tersebut secara online.

Berikut beberapa rekomendasi makan enak untuk berbuka puasa delivery.

1. Tugu Restaurant

Kawisari Coffee & Eatery menghadirkan sajian tradisional ala masyarakat Kawisari, Blitar, Jawa Timur. Restoran ini mengandalkan menu kopi hasil perkebunan Kawisari.Foto: CNN Indonesia/ Elise Dwi Ratnasari
Kawisari Coffee & Eatery menghadirkan sajian tradisional ala masyarakat Kawisari, Blitar, Jawa Timur. Restoran ini mengandalkan menu kopi hasil perkebunan Kawisari.

Rindu dengan aneka makanan asli Indonesia dan peranakan? Tugu Restaurant menyajikan menu buka puasa yang bisa didelivery. Beberapa restoran yang ada dalam satu grup di bawahnya misalnya Lara Djonggrang, Tugu Kunstkring Paleis, Dapur Babah Elite & Tao Bar, dan Kawisari Café & Eatery juga menyediakan menu istimewa untuk berbuka puasa.

Di Kawisari misalnya, Anda bisa menyicip Kawisari Nasi Besek. Nasi bakal disajikan dalam besek atau sejenis wadah bambu berbentuk persegi. Nasi Jagung Tompoh Kawisari jadi pilihan untuk bisa menyelami kehidupan masyarakat Blitar. Nasi jagung dilengkapi dengan sayur lodeh, urap sayur, ayam goreng, ikan asin bulu ayam dan sambal bajak. Rasa asin, pedas, gurih terasa seimbang dengan campuran nasi jagung.

Tak hanya itu, sebagai gong menu Dhaharan Pitik wajib masuk daftar. Dalam bahasa Jawa, 'dhaharan' berarti makanan dan 'pitik' berarti ayam, sehingga maksudnya adalah makanan serba ayam.  

2. Ritz Carlton

bubur tajil Foto: The Ritz-Carlton Jakarta
bubur tajil

Restoran Pasola di Ritz Carlton Pasific Place juga menghadirkan menu berbuka puasa untuk delivery.

Meski delivery, namun restoran ini memberikan menu spesial bulan puasa. Beberapa menunya antara lain chocolava baklava, kolak pisang kolang kaling, raspberyy swirl baked. Selain itu, sebagai makanan utama, menu yang bisa dipesan antara lain buntut balado, braised kambing guling, lamb leg, tongseng sapi, barramundi bumbu woku dan lainnya.

Untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan, delivery makanan dari hotel ini juga dilakukan menggunakan mobil, dan pengemudi juga akan mendapatkan 1 menu berbuka puasa. Selain itu, untuk menumbuhkan semangat berbagi, 5-10 persen pendapatan akan diberikan kepada panti asuhan.

3. Fairmont
makanan buka puasaFoto: Dok. Fairmont hotel jakarta
makanan buka puasa


Program Ramadan Iftar di Rumah ala Fairmont menghadirkan menu-menu khas buka puasa dari Restoran Spectrum yang dikenal dengan hidangan buffet yang lezat.

Pilihan tajil tersedia dari Kolak, Bubur Sumsum, Tahu Isi, Spring Roll dan Samosa. Hidangan Sup tersedia dalam pilihan Moroccan Harira Soup, Soto Ayam Madura, Rawon dan Garang Asem. Sebagai Hidangan Pembuka tersedia pilihan Gado-Gado, Sate Ayam, Plecing Kangkung, Tabbouleh, dan Hummus dengan Pita Bread. Pilihan Nasi atau Mie terdapat Nasi Uduk, Nasi Goreng Kampung.

Aneka hidangan dengan daging juga bisa jadi pilihan, misalnya Lamb Kofta, Chicken Tagine, Ayam Penyet, Semur Iga Bakar, Sambal
Goreng Udang, Rendang Sapi, Gulai Kambing dan Ikan Sambal Matah.

4. Thai Alley

Tom YamFoto: iStockphoto/Amguy
Tom Yam


Jika ingin menyantap segarnya aneka makanan Thailand, Anda bisa memesan makanan dari Thai Alley. Restoran ini konsep buka puasa baru "Bukber Online" melalui Promo Berbagi yang hanya bisa di pesan via online. Melalui Promo Berbagi, restoran ini menghadirkan aneka kuliner Thailand halal sebagai salah satu pilihan berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Di restoran ini Anda bisa memilih 3 pilihan paket Promo Berbagi yang menyesuaikan jumlah anggota keluarga; Promo Berbagi 1 untuk 3-4 orang, Promo Berbagi 2 untuk 5-6 orang, dan Promo Berbagi 3 untuk 7-8 orang. Untuk setiap pembelian Promo Berbagi, Thai Alley akan memberikan gratis takjil kepada pembeli dan gratis rice bowl kepada pengemudi ojek online pengantar sehingga pengemudi ojek online juga ikut merasakan berkah Ramadhan.

Sudah membayangkan rasa tom yam, mango sticky rice, atau singkong Thailand? (chs)

[Gambas:Video CNN]