Warga Bangkok Kembali Serbu Tempat Jual Bir dan Salon

CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2020 14:25 WIB
In the glow of the sunset, visitors return to a popular park as the lockdown was lifted, Sunday, May 3, 2020, in Bangkok, Thailand. Residents of Thailand's capital enjoyed the city's parks, booked haircuts and stocked up on beer and other alcoholic drinks Sunday as they enjoyed their first day of eased restrictions that were imposed weeks ago to combat the spread of the coronavirus. (AP Photo/Tassanee Vejpongsa) Warga Bangkok berjalan-jalan di taman kota usai pembatasan perjalanan dilonggarkan. (AP Photo/Tassanee Vejpongsa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Bangkok kembali menikmati taman-taman kota, datang ke salon, dan membeli bir pada hari Minggu (3/5), setelah mereka menikmati hari pertama pelonggaran pembatasan perjalanan yang diberlakukan beberapa pekan sebelumnya demi memerangi penyebaran virus corona.

Kegembiraan terasa di Bangkok, ibukota Thailand yang terkenal dengan wisata kulinernya. Banyak tempat makan yang kembali buka.

Meski demikian, belum ada aturan yang jelas soal jarak sosial di tempat makan yang menyediakan area duduk.


Tempat makan di Thailand diminta menjaga jarak pelanggan setidaknya 1,5 meter dan mempraktikkan berbagai tindakan sanitasi, dimulai dengan kewajiban mengukur suhu pelanggan dan staf hingga kewajiban memiliki lubang udara.

Tempat makan kecil yang biasanya dapat menampung 20 orang mungkin kini hanya bisa menampung delapan hingga 10 orang dengan peraturan baru tersebut.

Sejak pertengahan Maret, banyak tempat makan yang buka hanya untuk layanan pesan antar. Begitu juga dengan bar.

Pembatasan perjalanan di Thailand telah berlaku sejak 10 April dan berakhir pada akhir bulan, tetapi pemerintah provinsi, termasuk Bangkok, dapat menerapkan kembali larangan tersebut kapanpun.

Saat pembatasan perjalanan diumumkan, terjadi antrean panjang di tempat belanja, sebagian besar datang untuk membeli bir.

Dengan dicabutnya pembatasan perjalanan pada hari Minggu, antrean panjang kembali terlihat di tempat belanja. Lagi-lagi banyak datang untuk yang membeli bir.

Penduduk kota yang mencari udara segar dan kesempatan untuk meregangkan kaki berbondong-bondong ke Taman Lumpini di Bangkok, di mana mereka berbaris untuk diperiksa suhu tubuh dan penggunaan masker sebelum diizinkan masuk.

Pelari dan pejalan kaki, baik yang sendirian atau berpasangan, mengisi jalur taman sembari menjaga jarak satu sama lain.

Olahraga secara berkelompok masih belum diizinkan.

Para penjaga taman meniup peluit untuk membubarkan keramaian, baik mereka yang sedang berlari atau piknik.

Pekerja salon di sekitar kota juga kembali beraktivitas dan juga di bawah peraturan untuk memastikan jarak sosial.

Bagi yang ingin datang untuk potong rambut diwajibkan melakukan pemesanan tempat sehari sebelumnya.

Otoritas kesehatan Thailand melaporkan tiga kasus baru virus corona pada hari Minggu, sehingga totalnya menjadi 2.969, termasuk 54 kematian.

Hanya ada peningkatan satu digit dalam kasus-kasus baru selama lebih dari seminggu, yang mengarah pada optimisme bahwa negara ini mampu mengendalikan pandemi virus corona.

[Gambas:Video CNN]

(AP/ard)