Lithuania Gelar Ajang Pekan Mode Masker Pertama di Dunia

tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/05/2020 14:34 WIB
NEW YORK, NEW YORK - FEBRUARY 09: A model wearing a Pitta Mask walks the runway for The Blonds during New York Fashion Week: The Shows at Gallery I at Spring Studios on February 09, 2020 in New York City.   Roy Rochlin/Getty Images for NYFW: The Shows/AFP Julia Janus, seorang desainer justru mengajak warga Vilnius di Lithuania untuk mengikuti Mask Fashion Week alias pekan mode masker. (AFP/Roy Rochlin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masker saat ini menjadi sebuah aksesori wajib pakai di seluruh dunia. Alih-alih membuat masker terlihat menyeramkan karena ancaman pandemi corona, Julia Janus, seorang desainer justru mengajak warga Vilnius di Lithuania untuk mengikuti Mask Fashion Week alias pekan mode masker, Selasa (5/5).

Janus mengatakan dia berharap itu akan "mendorong kreativitas" serta kepatuhan dengan perintah untuk memakai topeng di depan umum untuk membantu mencegah infeksi virus corona.

"Ini adalah Pekan Mode Masker pertama di dunia," kata Janus kepada wartawan setelah upacara pemotongan pita simbolis untuk meluncurkan acara tersebut dikutip dari AFP.


"Saya harap itu juga yang terakhir, tapi siapa yang tahu."

Saat ini Lithuania telah memulai pelonggaran pembatasan lockdown secara bertahap, membuka kembali kafe dan restoran terbuka bersama dengan toko-toko dan perpustakaan ketika infeksi melambat.

Lebih dari 20 papan iklan tersebar di seluruh kota menampilkan poster-poster seniman yang mengenakan topeng gaya mereka sendiri. Masing-masing diberi judul "Kreativitas Tidak Dapat Ditutupi".


Ada berbagai model masker yang dipamerkan. Ada beberapa yang dicat dengan bibir merah atau gigi. Beberapa masker lainnya didesain untuk memancing tawa orang, sementara yang lain ingin menampilkan kesan elegan dengan bordir, mutiara, atau renda.

Ada juga yang menampilkan masker dengan paruh runcing hitam seperti yang dipakai oleh dokter selama wabah kematian hitam (black death) di pertengahan 1300-an.

Meski bukan dalam bentuk pekan mode, namun desainer-desainer Indonesia juga membuat berbagai jenis masker kain yang kreatif. Dengan berbagai desain, dari bridal mask, masker bergambar kartun, masker bermotif untuk anak-anak, sampai yang tengah menghebohkan sampai ke luar negeri adalah masker dan face shield dari desainer aksesori Rinaldy Yunardi.

Koleksi aksesori lama Rinaldy yang sempat booming karena dipakai oleh Lady Gaga untuk pemotretan beberapa waktu lalu ini juga kembali populer seiring dengan maraknya face shield untuk pandemi corona. 

[Gambas:Instagram]



(chs)

[Gambas:Video CNN]