7 Cara Terlihat Menarik saat Video Call

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2020 19:55 WIB
Woman at home video chatting with her boyfriend on her cell phone and using earphones Ilustrasi. Berada di rumah bukan berarti membuat Anda tampil kumal dan acak-acakan saat video call. (Istockphoto/Getty Images/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di masa pandemi Covid-19, video call jadi senjata ampuh bagi banyak orang untuk berkomunikasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengobrol dengan lawan bicara sambil menatap wajahnya, mirip seperti saat berkomunikasi di dunia nyata.

Video call merupakan medium komunikasi berbasis teknologi yang menghadirkan unsur audio dan visual. Dengan cara ini, tampilan Anda akan terlihat sepenuhnya.

Meski hanya berada di rumah, tentu Anda tetap ingin terlihat menarik saat melakukan video call dengan teman. Penampilan yang menarik juga sangat diperlukan saat Anda melakukan video call dengan si kekasih hati atau calon pasangan potensial.


Anda tentu tak mungkin tampil apa adanya dengan baju piyama atau rambut acak-acakan dan wajah yang kumal.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda memastikan untuk tampil menarik dalam sebuah video call. Berikut mengutip Boldsky.

1. Cahaya alami
Penataan cahaya bisa membuat suasana jadi berbeda. Manfaatkan cahaya alami matahari yang ada di rumah. Pilih sudut rumah dengan pencahayaan yang cukup atau dekat dengan jendela. Usahakan agar cahaya jatuh di wajah Anda dan jangan sampai Anda memunggungi masuknya cahaya dari jendela.

2. Kenali sudut terbaik
Angle atau sudut kamera selama video call sangat menentukan penampilan Anda. Saat Anda sedang berada dalam obrolan resmi yang berhubungan dengan pekerjaan, cukup tampilkan wajah hingga bagian atas tubuh.

Jika memungkinkan, buat kamera sejajar dengan mata. Lihat ke kamera saat Anda sedang berbicara. Cara ini akan membuat Anda terlihat seolah-olah sedang menatap lawan bicara.

Upayakan pula agar kamera tidak banyak bergerak. Jaga kamera tetap stabil dan sediakan dudukan jika Anda menggunakan ponsel.

Sementara untuk obrolan kasual, cari sudut kamera terbaik bagi wajah Anda.

3. Jaga jarak
Perhatikan jarak antara Anda dengan kamera ponsel ataupun laptop. Jarak ini diperlukan agar lawan bicara tak menatap layar yang penuh dengan wajah Anda. Penggunaan earphone akan membantu Anda untuk tidak terlalu dekat dengan gawai.

Older woman talking via video call. Sit at home on the recommendation of a doctor. An older woman uses tabletIlustrasi. Pastikan latar belakang Anda tidak berantakan saat melakukan video call. (Istockphoto/Getty Images/Milan Markovic)

4. Latar bersih
Saat berkomunikasi via video call, orang kerap melupakan apa yang ada di belakangnya. Untuk komunikasi secara profesional, penting untuk memastikan latar obrolan. Latar belakang yang berantakan akan menimbulkan impresi buruk dari klien atau rekan kerja.

Sedang untuk obrolan di luar pekerjaan, yang penting Anda melakukan gestur yang baik sehingga apapun yang ada di samping atau belakang tidak mendistraksi obrolan.

5. Atur rambut
Tak peduli secantik apapun riasan makeup Anda, rambut yang tertata bakal membuat tampilan jadi kacau. Setidaknya sisir rambut dan gunakan minyak agar rambut terlihat rapi.

Selain itu, Anda juga bisa menyiasati rambut yang berantakan dengan mengikatnya atau mengikatkan bandana.

6. Riasan praktis
Ingat, Anda hanya akan melakukan video call, bukan sesi pemotretan untuk sampul majalah. Kunci untuk menimbulkan impresi baik saat video call adalah bagian mata, bibir, dan pipi.

Tonjolkan mata indah Anda dengan memperindah bulu mata. Gunakan penjepit bulu mata dan sedikit maskara. Sedangkan untuk bibir, cukup gunakan lip tint atau lipstik berwarna nude. Pilih warna yang mendekati tone warna kulit agar tidak terlihat menor. Agar wajah terlihat segar, sapukan blush on.

7. Perhatikan busana
Busana yang baik akan membuat Anda merasa baik dan terlihat sedap dipandang. Tak harus formal, tetapi kenakan atasan yang layak meski bawahannya piyama. Siapa tahu si dia sengaja menangkap gambar Anda dan diunggah ke media sosial. (els/asr)

[Gambas:Video CNN]