Cara Sederhana Mengecek Kesehatan Kaki saat di Rumah

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 06:36 WIB
Low angle view of a dancer standing barefoot in the middle of a busy city street. Ilustrasi: Memeriksa kesehatan kaki termasuk cara simpel guna mengenali pertanda munculnya penyakit. Berikut langkah sederhana yang bisa ditempuh. (Foto: Istockphoto/electravk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi virus corona (SARS-CoV-2) memaksa setiap orang untuk banyak berdiam di rumah. Aktivitas gerak, termasuk berjalan pun menurun drastis.

Meski aktivitas berkurang, pastikan kesehatan kaki tetap terjaga dengan cara sederhana mengecek kesehatan kaki di rumah. Kaki juga dapat menjadi pertanda munculnya sejumlah penyakit, misalnya diabetes yang ditandai dengan mati rasa.

Berikut cara sederhana mengecek kesehatan kaki dalam rangka memperingati pekan kaki atau 'Feet Week' pada 4-10 Mei.



1. Rutin memeriksa kaki
Sama seperti rambut dan kulit, kaki juga mesti dirawat secara rutin. Ciptakan waktu rutin untuk memeriksa kesehatan kaki.

Waktu terbaik memeriksa kesehatan kaki adalah saat mandi atau ketika mengenakan celana ketat dan kaus kaki.

Lihat kondisi kulit kaki apakah ada kulit-kulit keras, kulit kering, kapalan, atau masalah lainnya. Periksa pula antara jari-jari kaki karena bagian ini seringkali luput.

Caucasian woman washing her leg and foot in a bathtub using a pink bathing sponge.Ilustrasi: Waktu terbaik memeriksa kesehatan kaki adalah saat mandi. Cek, apakah ada kulit keras, kulit kering, kapalan, atau masalah lainnya. (Foto: Istockphoto/Reimphoto)


2. Cermati perbedaan yang terjadi
Kaki bisa jadi pertanda sejumlah penyakit seperti diabetes dan jantung. Cermati setiap perbedaan yang terjadi pada kaki, misalnya benjolan, perubahan warna, atau memar.

"Pastikan kaki Anda tidak bengkak, ini bisa terjadi di suatu tempat tertentu, atau umumnya di sekitar seluruh kaki dan pergelangan kaki. Periksa apakah ada perubahan warna dan apakah ada memar," kata ahli bedah kaki Roslyn Miller, dikutip dari Metro.

Perhatikan pula posisi jari-jari kaki. Perubahan posisi jari-jari kaki dapat terjadi karena sepatu yang terlalu ketat atau cedera.


Perubahan warna pada kuku juga dapat berarti adanya infeksi. Bintik-bintik hitam di bawah kuku juga berarti tanda masalah. Jika bintik-bintik itu semakin membesar, maka bisa menjadi salah satu tanda kanker kulit.

3. Rawat dan obati kaki yang bermasalah
Jika menemukan masalah pada kulit kaki, segera rawat dan obati masalah tersebut. Masalah kulit dan bau kaki dapat diobati dengan menggunakan antijamur. Dapat pula dengan merendam kaki di air hangat setiap hari.

Masalah lain seperti pembengkakan, infeksi, dan struktur tulang mesti segera dikonsultasikan ke dokter untuk segera mendapatkan pengobatan. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]