FOTO: Rupa-rupa Ekspresi Masker ala Amerika Latin

AP, CNN Indonesia | Jumat, 08/05/2020 17:46 WIB

, CNN Indonesia -- Sejak pandemi Covid-19 meradang, masker jadi bagian kehidupan yang penuh warna mengisi keseharian masyarakat Amerika Latin.

Sebelum pandemi Covid-19 meradang, masker jadi barang yang jarang eksis di seantero Amerika Latin. Tapi kini, masker ada di setiap sudut. Masker jadi bagian yang penuh warna dari kehidupan sehari-hari masyarakat Amerika Latin. (AP Photo/Matias Delacroix)
Tak hanya sebagai alat pelindung diri, keberadaan masker juga jadi medium berekspresi banyak masyarakat Amerika Latin. Dari masker, berbagai kreativitas saling bermunculan. (AP Photo/Ariana Cubillos)
Idania Espanola (63), seorang perempuan asal Kuba, misalnya, yang akan membuat masker dengan mendaur ulang bra yang dikenakannya. (AP Photo/Ramon Espinosa)
Visual yang kuat ini salah satu dimanfaatkan oleh seorang badut di area National Palace, Meksiko. Masker bergambar gigi badut digunakannya untuk menghibur masyarakat. (AP Photo/Fernando Llano)
Tak hanya itu, berbagai motif dan desain masker pun hadir mewarnai seantero Amerika Latin. Beberapa berusaha menonjolkan budaya lokal setempat atau motif-motif tropis yang menyenangkan. (AP Photo/Natacha Pisarenko)
Beberapa aktivis juga memanfaatkan masker sebagai 'wadah' kampanye sosialnya. Berbagai pesan bernuansa politik mewarnai sejumlah masker. (AP Photo/Ramon Espinosa )
Sejak virus corona mulai menjejakkan kakinya, sejumlah apotek di Amerika Latin langsung kehabisan stok masker. Untungnya, sejumlah produsen lokal bereaksi dengan cepat dibantu dengan produksi rumahan dari kalangan masyarakat. (AP Photo/Rodrigo Abd)