Seoul Central Mosque, Masjid Megah di Sudut Itaewon

CNN Indonesia | Senin, 11/05/2020 17:15 WIB
Seoul, South Korea - February 18 2018 : Seoul Central Mosque / itaewon mosque Biggest Mosque in Seoul South Korea located in itaewon. Seoul Central Mosque. (Istockphoto/Getty Images/arrrief)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain pusat wisata kuliner, Itaewon juga menjadi lokasi masjid tertua di Korea Selatan, yakni Seoul Central Mosque atau Masjid Seoul.

Seoul Central Mosque dibuka sejak tahun 1976 dan tepatnya berlokasi di Hannam-dong, Distrik Yongsan.

Saat pertama kali didirikan atas inisiasi Korean Muslim Federation dan dana hibah persahabatan Arab Saudi, masjid ini hanya didatangi oleh sekitar 3.000 umat Muslim di Korea Selatan setiap tahunnya.


Setahun pertama setelah dibuka, pemeluk agama Islam di Korea Selatan bertambah hingga 15 ribu orang.

Saat ini tercatat ada 100 ribu umat Muslim di sana, baik yang merupakan penduduk asli maupun pendatang dari Pakistan, Bangladesh, hingga Indonesia.

Masjid ini dibangun tiga lantai. Lantai bawah untuk kantor administrasi, lantai dua untuk ibadah pria, dan lantai tiga untuk ibadah wanita.

Masjid Seoul buka 24 jam. Sebelum pandemi virus corona, masjid ini rutin menggelar ibadah salat lima waktu, salat Jumat, salat Ied, dan kajian agama lainnya.

Masjid Seoul bukan satu-satunya masjid di Korea Utara.

Saat ini ada tujuh masjid lain yang berdiri, di antaranya; Masjid Busan yang dibuka pada tahun 1980 dan Masjid Daejeon yang dibuka pada tahun 2006.

Di sekitar kawasan masjid ada banyak tempat makan halal, mulai dari masakan Timur Tengah hingga yang khas Korea Selatan.

Jadi jangan sungkan berwisata ke Korea Selatan, karena negara ini terus menambah fasilitas dan layanannya demi kenyamanan turis Muslim.

(ard/ard)