Resep Buka Puasa Praktis Sehat: 'Sukur' Susu Kurma

tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2020 15:07 WIB
Susu Kurma Susu kurma bisa jadi minuman segar dan sehat saat buka puasa. Berikut resepnya untuk Anda.(Diolah dari iStock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa sajian andalan Anda untuk takjil buka puasa? Teh hangat, kolak, atau kurma

Mengapa tak coba saja berbuka dengan minuman sehat dan manis, sukur alias susu kurma. Cara membuatnya pun praktis dan tak perlu banyak peralatan. 

Selain itu, berbuka puasa dengan kurma juga disunahkan. Terdapat sejumlah manfaat kurma untuk buka puasa sesuai Al quran dan sunah nabi.


Allah SWT melebihkan posisi buah kurma dari buah lainnya dengan menyebutnya di dalam Alquran lebih dari 20 kali. Salah satunya dalam surat Ar-Ra'd ayat 4.


"Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir," terjemahan surat Ar-Ra'd ayat 4.

Kurma juga bermanfaat untuk kesehatan, antara lain mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan, sampai 'menyiapkan perut' sebelum makan makanan berat. 

Berikut resep sukur susu kurma untuk berbuka puasa.

Bahan:

6 buah kurma, buang biji
300 ml susu sapi murni atau susu kedelai
1 sdt madu (opsional)

Cara membuat:
1. Potong-potong kurma menjadi ukuran kecil. Kemudian masukkan ke dalam blender.
2. Masukkan susu ke dalamnya. Tambahkan madu. Blender sampai kurma halus.
3. Sajikan dengan tambahan es batu untuk berbuka puasa.
4. Jika ingin minum susu kurma hangat, maka Anda hanya perlu memanaskan sebentar susu di dalam panci. Namun tak perlu mendidihkan susu kurma. (chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK