Doa Sebelum Belajar untuk Menuntut Ilmu

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/05/2020 13:35 WIB
Para murid kelas 1-A sedang belajar di Madrasah Al Ihsan Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa, 9 Agustus 2016. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan full day school kepada SD dan SMP negeri maupun swasta. CNN Indonesia/Gautama Padmacinta. Sebelum belajar, umat Islam dianjurkan untuk berdoa. Berikut sejumlah doa sebelum belajar yang dapat diamalkan. (CNN Indonesia/Gautama Padmacinta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum belajar menuntut ilmu baru, umat Islam dianjurkan untuk berdoa. Terdapat sejumlah doa sebelum belajar yang dapat diamalkan ketika hendak menuntut ilmu.

Berdoa sebelum belajar merupakan harapan kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan pemahaman saat menuntut ilmu. Doa juga bertujuan agar diberikan ilmu yang berkah dan bermanfaat.

Berdasarkan hadis nabi, ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu amalan yang tidak pernah putus bahkan saat seseorang sudah meninggal dunia.


Berikut sejumlah doa sebelum belajar yang dapat diamalkan.

1. Dari surat Thaha ayat 114
Dalam surat Thaha, Allah berfirman kepada Nabi Muhammad SAW untuk tidak tergesa-gesa membaca Alquran. Allah lalu mengajarkan Rasulullah untuk berdoa agar ditambahkan ilmu.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Robbi zidnii 'ilmaa

Artinya:
Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku.

2. Dari para ulama
Sejumlah ulama menambahkan doa yang telah diajarkan Rasulullah dan terus diamalkan hingga saat ini.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya:
Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Doa sebelum belajar ini bisa diamalkan setiap saat ketika mulai belajar, mulai sekolah, mulai bekerja, atau setelah selesai salat. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]