Peringatan untuk Orang-orang yang Merasa Paling Suci

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/05/2020 04:04 WIB
Xhemal Hafizi, Imam of the Tanners' Mosque, prays alone on the first night of the holy month of Ramadan, in Tirana on April 23, 2020 during a government-imposed nationwide lockdown as a preventive measure against the COVID-19 disease, caused by the novel coronavirus. (Photo by Gent SHKULLAKU / AFP) Ilustrasi. Jangan merasa diri menjadi yang paling suci, sebab Allah SWT mengetahui tentang orang-orang yang bertakwa. (AFP/GENT SHKULLAKU)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada bulan Ramadan 2020, CNNIndonesia.com menghadirkan program kultum Gapai Kemuliaan. Kali ini, kultum akan berbicara soal pandangan Islam mengenai orang-orang yang merasa dirinya paling suci.

Penceramah:
Cendekiawan Islam, Komaruddin Hidayat

Ass. Wr. Wb.


Dalam obrolan sehari-hari kita sering mendengar ungkapan hukum sebab akibat. Kalau dalam sains, ini [hukum sebab akibat] kuat sekali. Hukum sebab akibat menjadi fondasi untuk membangun ilmu pengetahuan. Dalam ilmu sosial juga ini sebenarnya terjadi.


Allah SWT maha adil. Orang yang mempercayai hukum sebab akibat, hidupnya akan lebih tenang. Hukum di dunia itu terkadang ada akrobatnya. Tapi hukum Allah pasti.

Dalam Alquran dikatakan bahwa orang orang yang baik itu adalah orang-orang yang bisa menghindari perbuatan-perbuatan keji. Ya, kalau mungkin yang [kesalahan] kecil-kecil, namanya seperti mobil, kalau ada debu, ya, wajar. Tapi jangan kemudian kita sengaja masuk ke dalam kesalahan-kesalahan yang fatal.

Allah berfirman dalam QS An Najm ayat 32.

ٱلَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَٰٓئِرَ ٱلْإِثْمِ وَٱلْفَوَٰحِشَ إِلَّا ٱللَّمَمَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ وَٰسِعُ ٱلْمَغْفِرَةِ ۚ هُوَ أَعْلَمُ بِكُمْ إِذْ أَنشَأَكُم مِّنَ ٱلْأَرْضِ وَإِذْ أَنتُمْ أَجِنَّةٌ فِى بُطُونِ أُمَّهَٰتِكُمْ ۖ فَلَا تُزَكُّوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۖ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ ٱتَّقَىٰٓ

Artinya:
"(Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka jangan lah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa."

Kita hendaknya menyadari bahwa diri kita punya kelemahan. Tapi jangan kemudian dijadikan excuse untuk berbuat dosa. Allah juga memperingatkan ada kelemahan dalam diri setiap manusia. Oleh karena manusia seyogianya menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa berhati-hati.

Kalaupun manusia melakukan [kesalahan], maka jangan lupa bahwa Allah SWT Mahaluas pengampunannya.

Ingat, jangan merasa paling suci dan menjelekkan orang lain. Merasa paling benar dan menganggap orang lain bodoh. Merasa paling takwa dan menganggap orang lain kufur dan sebagainya.

Itu dikritik keras oleh Alquran.

Wass. Wr. Wb.

[Gambas:Video CNN]

(asr)

[Gambas:Video CNN]