Resep Lebaran: Maeloubah ala Ayah Gigi Hadid

tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 03:05 WIB
Maqluba, sometimes pronounced as Maaluba or Magluba (Arabic: مقلوبة) is a traditional dish of the Arab Levant and Palestine.The dish includes a meat, rice and fried vegetables placed in a pot, which is then flipped upside down when served, hence the name maqluba which translates literally as Salah satu resep makanan yang bisa dibuat untuk menghadirkan kuliner berempah Timur Tengah adalah maeloubah atau nasi dengan daging kambing ala Palestina.(iStockphoto/lenazap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuliner berempah dengan aneka bumbu ala Timur Tengah dan juga diracik dengan daging kambing bakal meramaikan nuansa Lebaran Anda di rumah.

Salah satu resep makanan yang bisa dibuat adalah maeloubah atau nasi dengan daging kambing ala Palestina. Resep ini diunggah oleh ayah Gigi dan Bella Hadid, Mohamed Hadid dalam akun instagramnya.

Makanan yang disebut juga sebagai maqluba, maklouba, atau maqlooba ini merupakan makanan tradisional ari Suriah, Irak, Palestina, dan Jordania. Dalam prosesnya, nasi dengan daging ini dimasak dalam panci besar dan disajikan dnegan cara dibalik. Maqluba sendiri diterjemahkan sebagai upside-down atau terbalik.


berikut resep maeloubah ala ayah Gigi Hadid.

[Gambas:Instagram]

Bahan:
Kaldu
1 kg bahu kambing (potong dadu)
2 buah kayumanis
4 buah bawang bombay ukuran sedang
4 sdt minyak zaitun
Garam secukupnya


Nasi:
700 gram beras basmati, bersihkan
500 ml minyak sayur
3 buah terong kecil, iris dengan ketebalan 3 cm
2 sdt minyak zaitun
2 sdt kayumanis bubuk
2 sdt lada hitam
3 sdt garam
3 buah tomat ukuran besar, iris

Pelengkap:
2 sdm peterseli
4 sdm almond panggang

Salad Yogurt:
64 gram greek yogurt
2 buah mentimun, potong dadu
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan 3-4 sdm minyak zaitun dalam panci anti lengket. Tambahkan daging kambing dan panggang sampai kecokelatan. Tambahkan bawang bombay dan kayumanis. Tambahkan air. Didihkan. Kecilkan api dan masak sampai daging matang (sekitar 1 jam).
2. Siapkan terong, keringkan dengan tisu untuk menyerap airnya. Kemudian oles dengan minyak zaitun. Panggang dalam oven sekitar 20 menit sampai kecokelatan.
3. Siapkan wadah, campur beras dengan semua bumbu.
4. Siapkan panci besar. Tata semua bahan yang ada.
5. Masukkan daging kambing di bagian bawah panci. Tambahkan terong di atas lapisan daging. Selanjutnya masukkan besar dan campuran bumbu di atasnya. Tambahkan air kaldu daging kambing.
6. Masak dengan api sedang dan nasi matang.
7. Penyajian: Siapkan piring besar. Kemudian letakkan piring di atas panci dan siap untuk membalik panci.
8. Sajikan.



(chs)

[Gambas:Video CNN]