Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 19:45 WIB
A child wears a face mask and reads the Koran during the Islamic holy month of Ramadan at a mosque in Darussalam, Banda Aceh on May 4, 2020. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP) Ilustrasi. Menggapai malam Lailatul Qadar dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah, amalan, dan doa kepada Allah SWT. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Allah SWT menjanjikan berkah dan kesejahteraan di malam itu. Terdapat sejumlah amalan dan doa malam Lailatul Qadar yang dapat dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Menggapai malam Lailatul Qadar dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah, amalan, dan berdoa kepada Allah SWT.


Ibadah, amalan, dan doa di malam Lailatul Qadar mesti dilakukan dengan khusyuk dan penuh ketakwaan berharap hanya pada rida Allah semata.



Di masa pandemi virus corona ini, amalan dan doa malam Lailatul Qadar dapat dilakukan di rumah saja. Berikut pedoman amalan dan doa malam Lailatul Qadar.


Pedoman Amalan Malam Lailatul Qadar


1. Salat lima waktu
Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, selalu lakukan ibadah wajib seperti salat lima waktu dengan khusyuk dan tepat waktu.

Untuk menambah pahala salat wajib, salat dapat dilakukan dengan berjamaah di rumah.


"Salat lima waktu berjamaah dengan keluarga di rumah," kata Ustaz Mahfud Said kepada CNNIndonesia.com.


2. Melaksanakan salat malam
Di malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk memperbanyak salat malam. Salat malam yang dapat dilakukan adalah salat tarawih, salat taubat, salat tasbih, salat, tahajud, salat hajat, dan salat witir.

Umat muslim melakukan tadarus Al Quran di Masjid Baitul Faizin, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/4/2020). Umat muslim memperbanyak amalan dan ibadah pada bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak shalat sunah, zikir, dan tadarus Al Quran. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.Ilustrasi. Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, amalan, dan doa menyambut malam Lailatul Qadar. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

3. Membaca Alquran
Membaca Alquran merupakan salah satu ibadah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW di malam-malam bulan Ramadan termasuk di 10 hari malam terakhir, waktu datangnya malam Lailatul Qadar.

Allah SWT juga menyukai orang yang banyak membaca Alquran.


4. Memperbanyak zikir
Amalan lain yang dapat dilakukan adalah memperbanyak zikir atau mengingat Allah SWT. Zikir yang dapat dilakukan di malam Lailatul Qadar seperti istigfar, tahlil, tasbih, tahmid, dan takbil.

5. Bertaubat
Malam Lailatul Qadar juga dapat diisi dengan muhasabah diri atau merenungkan kesalahan serta ibadah yang sudah dilakukan. Lalu, bertaubat kepada Allah dan memperbaiki diri untuk beribadah dengan lebih baik.


6. Bersalawat untuk Rasulullah
Di malam Lailatul Qadar, umat Islam juga dapat mengirimkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat sejumlah salawat yang bida diamalkan di malam Lailatul Qadar.

7. Bersedekah
Menggapai keutamaan malam Lailatul Qadar bisa dilakukan dengan memperbanyak sedekah. Sedekah dapat diberikan kepada saudara, tetangga, fakir miskin, dan sebagainya.

Doa Malam Lailatul Qadar

Ustad Mahfud menyarankan untuk memperbanyak doa malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar adalah waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah. Doa apa saja boleh dipanjatkan di malam Lailatul Qadar.



Terdapat sebuah doa yang dianjurkan dibaca di malam Lailatul Qadar.


اَللَّهُمَّ
إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa'fuanna


Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah."

Ibadah, amalan, dan doa malam Lailatul Qadar ini dapat dijadikan pedoman untuk mendapatkan malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan.



(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]