5 Tips Memilih Baju untuk Anak Balita

Tim, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2020 08:10 WIB
Ilustrasi Model Pakaian Anak anak Ilustrasi. Orang tua harus mempertimbangkan sejumlah agar baju yang dikenakan si buah hati terasa nyaman tapi tetap bergaya. (Bessi/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memilih baju untuk balita tak bisa sembarangan. Orang tua mesti mempertimbangkan sejumlah hal agar si buah hati nyaman dan juga bergaya.

Kesulitan terbesar dalam memilih baju untuk balita adalah anak belum dapat mengungkapkan perasaannya dan penilaiannya terhadap sebuah baju. Oleh karena itu, pilihan orang tua penting untuk memilih baju balita.

Berikut beberapa langkah dan tips memilih baju balita.


1. Pilih bahan yang dingin
Bahan adalah faktor pertimbangan penting untuk memilih baju balita. Pilih baju yang sejuk dan dingin, serta menyerap keringat anak. Pasalnya, balita sedang dalam masa pertumbuhan dan aktif bergerak. Baju yang panas dapat membuat anak gerah dan mudah rewel.

"Hal utama yang harus menjadi pertimbangan ialah pemilihan bahan, untuk di daerah tropis yang panas seperti Indonesia, maka harus dipilih bahan yang adem dan menyerap keringat, sehingga anak tidak kegerahan dan menjadi rewel," kata pemilik dan desainer baju balita Ayuna.qb, Qurrota A'yun kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/5).

2. Pilih ukuran yang tepat
Selanjutnya pilih ukuran yang tepat untuk si kecil. Ukuran yang dipilih sebaiknya tidak terlalu ketat karena dapat membuat anak sesak dan susah beraktivitas. Hindari pula memilih ukuran yang terlalu besar karena dapat membuat anak berisiko tersandung.

Ilustrasi anak-anak berkostum pahlawan superIlustrasi. Orang tua mesti memperhatikan beberapa hal agar baju yang dikenakan balita nyaman tapi tetap bergaya. (Raw Pixel)

Jika tak bisa mencoba secara langsung, Anda dapat melakukan pengukuran badan anak dan disesuaikan dengan baju yang tersedia. Jangan sungkan untuk bertanya kepada pembeli mengenai ukuran baju tersebut.

Ukuran yang perlu diperhatikan adalah lebar dada dan panjang baju.

3. Pilih motif yang sesuai dengan anak
Pilih motif yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak. Motif yang tampak lucu juga bisa dipilih agar anak semakin menggemaskan. Anda juga dapat bertanya pada anak jika mereka menyukai suatu motif tertentu.

Sesuaikan pula motif dengan sejumlah aksesori yang kerap dikenakan anak. Misalnya, bandana dan sepatu yang serasi dengan baju.

4. Pertimbangkan belanja daring
Di tengah pandemi Covid-19, membeli baju balita dapat dilakukan secara daring. Pilih toko daring yang memiliki kualitas yang terpercaya yang dapat dilihat dari ulasan pembeli sebelumnya.

Pilih pula toko baju yang menyediakan garansi penukaran ukuran, agar baju yang tidak pas bisa ditukarkan kembali.

"Cari toko daring yang sudah banyak memiliki testimoni positif. Perlu pula untuk mencari toko baju yang menyediakan garansi ukuran sehingga ketika digunakan dan ternyata kurang pas dan nyaman, maka dapat diganti dengan ukuran lain," kata Qurrota.

5. Cuci baju sebelum dikenakan
Setelah membeli baju balita baik secara langsung maupun daring, pastikan untuk selalu mencuci baju tersebut sebelum digunakan si buah hati. Pastikan anak menggunakan baju yang bersih agar nyaman beraktivitas.

"Setelah membeli baju penting untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan oleh anak, untuk melindungi anak dari kotoran dan debu selama proses produksi baju tersebut," ucap Qurrota. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]