Kisah Nabi Isa AS dan Rentetan Mukjizat dari Allah SWT

Tim, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2020 17:16 WIB
ILUSTRASI KISAH NABI - NABI ISA Nabi Isa AS lahir dari rahim Maryam, seorang perawan yang terjaga kehormatannya. Kisah Nabi Isa menjadi bukti mukjizat dan kebesaran Allah SWT. (Diolah dari Istock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nabi Isa AS lahir dari rahim Maryam, seorang perawan yang terjaga kehormatannya. Kisah Nabi Isa menjadi bukti mukjizat dan kebesaran Allah SWT.

Nabi Isa merupakan nabi dan rasul ke-24 dari 25 nabi dan rasul yang patut diimani. Nabi terakhir Bani Israil ini diangkat Allah SWT ke langit.

Nabi Isa lahir pada masa Raja Herodes Romawi di Palestina tahun 1 SM. Dia lahir dari Maryam, yang merupakan anak Imran yang kemudian diasuh oleh Nabi Zakaria AS.


Kala itu, Allah SWT mengutus Malaikat Jibril menemui Maryam. "Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci," kata Jibril sesuai QS Maryam ayat 19.

Maryam tak percaya mendengar ucapan itu. "Bagaimana mungkin aku mempunyai anak laki-laki, padahal tidak pernah ada orang [laki-laki] yang menyentuhku dan aku bukan seorang pezina!" kata Maryam.

Jibril lalu menjelaskan bahwa itu adalah kebesaran Allah SWT.

Maryam lalu mengandung Nabi Isa. Dia mengasingkan diri ke tempat yang jauh dari pemukiman penduduk.

Setelah melahirkan, Maryam kembali sambil menggendong putranya. Maryam lantas menjadi pembicaraan orang-orang dan disebut sebagai pezina.

"Wahai Maryam! Sungguh, engkau telah membawa sesuatu yang sangat mungkar," ucap orang-orang kala itu. Maryam tak menggubris fitnah orang-orang terhadapnya. Dia hanya menunjuk anaknya. "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?" ejek orang-orang.

Lalu, bayi kecil itu tiba-tiba pandai berbicara. Dia berbicara dengan lancar untuk membela ibunya.

"Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup," kata Isa yang masih bayi sesuai QS Maryam. Berbicara saat masih bayi merupakan mukjizat Nabi Isa AS.

Ilustrasi burung merpatiIlustrasi. Nabi Isa menghidupkan 12 burung yang terbuat dari tanah liat. Kisah Nabi AS menjadi bukti mukjizat dan kebesaran Allah SWT. (Mali Maeder/StockSnap)

Sejak saat itu, Allah terus memperlihatkan mukjizat dan tanda kenabian Isa.

Dikutip dari The Prophets: Kisah Hikmah 25 Nabi karya Dian Noviyanti, ketika berusia lima tahun, Nabi Isa membuat 12 burung-burung dari tanah liat. Nabi Isa juga mampu menghidupkan 12 burung-burung tersebut. Nabi Isa juga bisa berjalan di atas air.

Berdasarkan QS Ali-Imran ayat 49, Nabi Isa juga mampu menyembuhkan orang yang buta sejak lahir. Dia juga bisa menyembuhkan orang yang sakit kusta. Nabi Isa juga bisa menghidupkan orang yang telah mati.

Dengan mukjizat itu, Nabi Isa menyeru Bani Israil untuk bertobat dan menyembah Allah. Isa memberi tahu bahwa akan ada seorang rasul yakni Muhammad SAW. Namun, Bani Israil mengingkarinya. Mereka marah besar pada Isa.

Saat hari raya umat Yahudi, Nabi Isa berangkat menuju Baitul Maqdis (saat ini Masjidl Aqsa). Para pendeta dan juga Raja Pilathus, pengganti Raja Herodus membuat tipu daya untuk Isa.

Raja Pilathus memerintahkan untuk menghukum dan mengadili Isa. Seorang pengikut Nabi Isa, Yahudza al-Askharyuthi berkhianat dengan memberitahu tempat persembunyian Nabi Isa.

Namun, Allah juga membuat tipu daya bagi orang-orang tersebut. Allah mengangkat Nabi Isa ke langit dan menggantikan dengan seseornag yang mirip dengan Nabi Isa. Orang itu lalu dibunuh dan disalib.

"... Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak [pula] menyalibnya, tetapi [yang mereka bunuh adalah] orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya mereka yang berselisih pendapat tentang [pembunuhan] Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar-benar tidak tahu [siapa sebenarnya yang dibunuh itu], melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya," firman Allah dalam QA An-Nisa ayat 157.

Allah lalu berfirman kepada Isa bahwa Isa diangkat ke langit.

"Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan," berikut bunyi QS Ali Imran ayat 55.

Nabi Isa merupakan pilihan Allah yang diberikan kepada Maryam. Tanda-tanda kenabian Isa terlihat dari sejumlah mukjizat yang dimilikinya. Kisah Nabi Isa AS menjadi bukti mukjizat dan kebesaran Allah SWT. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]