Rekomendasi Kegiatan saat Lebaran 'di Rumah Aja'

tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 08:51 WIB
greet each other apologizing with friends during the Eid Ilustrasi: Pandemi virus corona terpaksa membuat perayaan lebaran tahun ini tak seperti biasanya. Berikut beberapa pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan agar momen Idul Fitri tetap bermakna. (Foto: Istockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi virus corona penyebab Covid-19 membuat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 dirayakan di rumah saja. Lebaran di rumah saja tak mengurangi esensi merayakan hari kemenangan tersebut. Anda dapat merayakan hari kemenangan dengan sejumlah rekomendasi kegiatan saat lebaran di rumah saja.

Hari Raya Idul Fitri merupakan simbol kemenangan setelah berhasil menahan nafsu selama bulan Ramadan. Pada hari ini pula, manusia seolah kembali ke fitrah atau suci dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut rekomendasi kegiatan saat lebaran di rumah saja.



1. Makan bersama
Sebelum menjalankan salat id atau salat Idul Fitri, umat Islam disunahkan makan terlebih dahulu.

"Disunahkan makan sebelum salat. Berbeda dengan salat Idul Adha, makannya setelah selesai salat," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, beberapa waktu lalu.

Siapkan hidangan yang istimewa khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan sebagainya. Sajikan makanan ini dan nikmati bersama keluarga di rumah.

2. Salat Id bersama
Setelah makan, lakukan salat Idul Fitri bersama. Salat Idul Fitri memiliki hukum sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan.

Fatwa MUI menyatakan salat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Fatwa MUI menyebut salat Idul Fitri boleh dilakukan secara sendiri-sendiri atau berjamaah. Syarat melakukan salat Ied berjamah adalah makmum yang berjumlah minimal tiga orang.

Infografis Tata Cara Salat Id di RumahFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Tata Cara Salat Id di Rumah


3. Saling bermaafan
Lebaran dirayakan dengan saling bermaafan. Saling bermaafan juga merupakan salah satu ibadah sunah di hari raya.

Setelah salat Idul Fitri, setiap anggota keluarga di rumah dapat melanjutkan dengan tradisi bermaaf-maafan. Di Jawa, tradisi ini dibuat menjadi sungkeman.

Jadikan kesempatan ini untuk saling memaafkan dan juga menyampaikan rasa sayang Anda pada keluarga.

4. Video call keluarga besar
Lebaran biasanya dirayakan dengan mengunjungi dan berkumpul bersama keluarga besar. Di masa pandemi, Anda tetap bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga dengan memanfaatkan teknologi video call.

Rancang kegiatan ini dengan memberi tahu keluarga besar sebelumnya. Luangkan waktu bersama untuk conference call bersama keluarga besar. Anda bisa menggunakan aplikasi Zoom, Google, WhatsApp, dan sebagainya.


Isi kegiatan video call dengan memberikan kesempatan setiap anggota keluarga untuk berbicara. Jangan lupa untuk saling menanyakan kabar dan berbagi canda serta tawa di hari raya.

5. Video call teman-teman
Setelah keluarga besar, hubungi pula teman-teman, bos, dan kolega. Buat catatan orang yang mesti dihubungi agar tak ada yang terlewatkan. Anda bisa menelepon, video call, atau mengirim pesan singkat.

Saat video call tanyakan kabar, sampaikan permintaan maaf, dan saling berbagi cerita.

6. Berbagi THR
Lebaran tak lengkap tanpa THR. Anda dapat membagikan THR kepada keponakan, keluarga, dan kerabat melalui online. Manfaatkan transfer bank dan e-wallet untuk mengirimkan THR.

Berbagi THR merupakan bentuk syukur dan juga ungkapan sayang. Buat catatan orang-orang yang bakal diberikan THR agar memudahkan Anda.

Ilustrasi uang tempel (angpao) lebaran. CNNIndonesia/Safir MakkiIlustrasi: Saban tiba lebaran, sebagian dari Anda menyiapkan THR dalam amplop. Di tengah pandemi ini, Anda bisa menggantinya dengan memanfaatkan layanan transfer atau pengisian e-wallet. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)


7. Aktivitas kekeluargaan
Untuk mengisi hari saat lebaran, Anda bisa membuat sejumlah aktivitas kekeluargaan. Lakukan beberapa aktivitas yang jarang dilakukan bersama. Misalnya, menyiapkan makanan yang istimewa atau kue lebaran.

Anda dapat pula menonton film bersama, karaoke, menari bersama, atau bermain game. Rayakan lebaran dengan sejumlah kegiatan yang menyenangkan agar tak bosan di rumah saja. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]