Sepatu 'Legend' Michael Jordan Laku Rp8,3 M di Lelang Online

tim, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2020 19:00 WIB
Cover Infografis Riwayat Slam Dunk Michael Jordan Sepasang sepatu yang dipakai Michael Jordan dari tahun 1985 terjual dengan harga fantastis seharga Rp8,3 miliar dalam sebuah lelang online. (Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepasang sepatu yang dipakai Michael Jordan dari tahun 1985 terjual dengan harga fantastis. Sepatu Nike Air Jordan 1 yang bertanda-tangan atlet basket tersebut terjual dalam lelang online Sotheby's dengan harga US$560 ribu (Rp8,3 miliar).

Harga ini bahkan melampaui tiga kali dari prediksi harga sebelumnya. Penjualan ini bahkan memecahkan rekor lelang dunia untuk sepasang sepatu kets Nike Moon Shoes dari Sotheby's. Sepatu tersebut terjual dengan harga US$437,5 yang dirancang oleh pendiri Nike, Bill Bowerman untuk Olimpiade 1972. Sepatu lari ini merupakan 1 dari 12 sepatu yang pernah dibuat.

Nike Air Jordan 1 dibuat khusus untuk Jordan, dan menampilkan detail tali merah alih-alih hitam dan putih.


"Diproduksi antara Februari hingga April 1985, Jordan mengenakan sepasang Air Jordan 1s saat awal, titik penting dalam karirenya dan dengan demikian melambungkan popularitas penyelundup itu," kata Sotheby's. "Memakai sepatu yang tidak cocok sebagian besar kariernya, pasangan ini dalam ukuran 13 (sepatu kiri) dan 13,5 (sepatu kanan)."

Di bagian sepatu kanan terdapat tanda tangan Jordan dengan spidol permanen.



"Jordan memakai Air Jordan 1 sampai 29 Oktober 1985, ketika dia mematahkan kakinya dan kemudian tak ikut 64 pertandingan selama musim keduanya saat penyembuhan," kata Sotheby's.

[Gambas:Instagram]

"Dia memakai versi modifikasi Air Jordan 1 saat kembali ke permainan."

Ada 10 orang penawar yang ikut lelang sepatu tersebut. Mengutip CNN, peserta lelang datang dari enam negara di empat benua.

Rumah lelang tersebut juga mengungkapkan bahwa terjualnya sepatu Michael Jordan seharga Rp8 miliar ini tidak hanya menunjukkan daya tarik luar biasa dari Michael Jordan sebagai salah satu atlet yang paling dikenal dan legendaris sepanjang masa, tetapi juga bahwa koleksi sepatu benar-benar merupakan tren pasar global dan berkembang. (chs)

[Gambas:Video CNN]