10 Cara Alami Menghilangkan 'Mata Panda'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/05/2020 09:40 WIB
Tired woman with black circles under eyes looking at camera, lack of sleep Ilustrasi. Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan 'mata panda'. (Istockphoto/Motortion)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberadaan kantung mata dan lingkaran hitam yang menyertainya membuat penampilan terlihat lesu. Ikuti cara menghilangkan 'mata panda' yang tepat agar wajah terlihat segar kembali.

Kantung mata kerap timbul seiring bertambahnya usia, saat jaringan dan otot yang menopang kelopak mata mulai melemah. Penuaan, kelelahan, hingga kurang tidur menjadi beberapa penyebab utama masalah kantung mata.

Di bulan Ramadan, waktu tidur jelas akan berkurang. Ditambah lagi rasa stres yang muncul di tengah pandemi Covid-19. Tak heran jika si 'mata panda' mulai bermunculan.


Alih-alih menggunakan obat-obatan atau krim berbahan kimia, Anda bisa mengatasi 'mata panda' dengan cara-cara yang lebih alami. Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Kurangi asupan garam
Tak hanya meningkatkan risiko darah tinggi, terlalu banyak konsumsi garam juga bisa memicu timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya. Mengutip situs layanan dermatologi, Cutis, terlalu banyak garam membuat bagian tersebut bekerja keras untuk menahan air.

2. Hapus riasan wajah sebelum tidur
Luangkan waktu untuk menghapus makeup Anda sebelum tidur. Membiarkan makeup semalaman dapat menyebabkan mata berair dan menciptakan kantung di keesokan harinya.

3. Oles dengan teh
Tak hanya diminum, kandungan kafein dalam teh juga dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Mengutip Healthline, kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Kafein juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Ilustrasi ragam jenis teh celupIlustrasi. Mengoleskan perasan teh dapat menjadi salah satu cara ampuh menghilangkan 'mata panda'. (Pixabay/Skitterphoto)

Berikut caranya:
- Rendam kantung teh dalam air selama 3-5 menit
- Masukkan kantung teh ke dalam kulkas hingga 20 menit
- Peras air dari kantung teh dan oleskan ke daerah di bawah mata

4. Kompres dingin
Menghilangkan lingkaran hitam bisa dilakukan sesederhana mungkin, salah satunya dengan menggunakan kompres dingin. Menerapkan air dingin ke area tersebut dapat membantu pembuluh darah mengerut dengan cepat.

Tak hanya dengan air, Anda bisa mengompres mata dengan mentimun dingin atau sayuran dingin.

Sebelum diterapkan, bungkus mentimun, sayuran, atau es batu dengan kain yang lembut untuk melindungi kulit Anda dari paparan dingin berlebih. Kompres selama beberapa menit dan rasakan kesegarannya.

5. Tetap terhidrasi
Dehidrasi menjadi salah satu pemicu timbulnya kantung mata. Meningkatkan asupan cairan harian dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi 'mata panda'.

Para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi delapan gelas air per hari.

6. Tidur selama 8 jam
Selain cara tidur, waktu tidur juga berpengaruh terhadap kesegaran mata. Kurang tidur dapat membuat Anda terlihat lebih pucat dan memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Sebagian orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Anda bisa mencoba beberapa trik tidur cepat di bawah ini:
- Buat jadwal tidur dan atur waktu tidur, lakukan rutin setiap hari.
- Hindari minuman dan makanan berkafein 6-12 jam sebelum tidur.
- Hindari minuman beralkohol jelang tidur.
- Hindari makan dua jam sebelum tidur.
- Hindari berolahraga berat beberapa jam sebelum tidur.
- Batasi penggunaan perangkat elektronik satu jam sebelum tidur.

Asian woman sleeping in bed at home and looking very peaceful - lifestyle conceptsIlustrasi. Menghilangkan 'mata panda' dapat dilakukan dengan cara sederhana, salah satunya tidur dalam waktu cukup. (Istockphoto/andresr)

7. Konsumsi makanan kaya kolagen
Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada kelopak mata mulai melemah. Hal ini berarti mata mulai 'melorot' dan menimbulkan kantung di sekitarnya.

Tingkatkan asupan makanan kaya vitamin C dan asam amino yang dapat membantu produksi kolagen untuk kulit yang lebih sehat.

8. Ganti posisi tidur
Apakah Anda terbiasa tidur miring? Gravitasi menyebabkan cairan mengumpul di bawah mata, yang menjadi salah satu penyebab munculnya kantung mata.

Mengutip WebMD, Anda disarankan untuk mencoba tidur dengan posisi terlentang dengan menambahkan bantal tambahan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk membiasakan diri tidur dengan dua bantal atau lebih. Meninggikan kepala saat tidur membantu mencegah genangan cairan di kelopak mata yang menimbulkan 'mata panda'.

9. Hindari merokok
Merokok diketahui dapat mengeringkan dan melemahkan kulit wajah. Katakan tidak untuk merokok demi menyelamatkan kulit dari keriput dan 'mata panda'.

10. Kelola alergi
Bagi banyak penderita alergi, kantung mata dan berair adalah hal yang umum terjadi. Bicara lah dengan dokter tentang apa yang harus dilakukan untuk mengontrol gejala alergi Anda. Ada banyak solusi alami yang bisa Anda coba, seperti penggunaan minyak esensial. (asr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA