Resep Kue Lebaran Kukis Cokelat Tanpa Oven

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 15:53 WIB
Chocolate biscuits with almond isolated on white Ilustrasi: Membuat kue kering untuk lebaran tak harus selalu mengandalkan oven, jika Anda tak punya, cukup siapkan kompor, teflon dan loyang. (Foto: iStockphoto/Stefan Tomic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian orang kerap malas atau kesulitan untuk membuat kue kering lantaran tak punya oven atau pemanggang. Tapi tak perlu khawatir, sebab ada resep yang bisa Anda coba tanpa oven untuk mengisi toples Lebaran.

Cukup menyiapkan terigu dan bahan lainnya, kue kering bisa tersaji di toples lebaran Anda. Kali ini Anda bisa menjajal resep cookies cokelat. Proses membuatnya kira-kira memakan waktu sekitar 40 menit.

Berikut resep kukis cokelat almond yang bisa Anda coba di rumah.



Bahan:
225 gram tepung
115 gram bubuk cokelat
115 gram gula bubuk
115 gram mentega
1/2 sdt baking powder
5 kacang almond dipotong-potong (bisa diganti sesuai selera, seperti choco chips)

Ilustrasi TepungIlustrasi: Anda bisa membuat kue kering untuk lebaran tanpa harus menggunakan oven. (Foto: MaxStraeten/morgueFile)


Cara membuat:
1. Ambil mentega, lalu kocok dengan sendok atau pengocok (mixer) hingga jadi halus dan mengental.

2. Tambahkan gula bubuk dan kocok lagi sampai berubah menjadi putih. Pastikan tidak ada gumpalan kasar.

3. Tambahkan bubuk cokelat, baking powder dan tepung lalu aduk hingga menjadi adonan serta bisa dibentuk. Anda bisa menambahkan beberapa almond (atau tambahan lain sesuai selera). Pastikan hingga campuran ini menjadi adonan.

4.Oleskan mentega ke tangan dan loyang Anda, bentuk adonan menjadi bulatan pipih kecil-kecil atau sesuai selera. Sebab setelah dipanggang, ukuran kue ini akan berlipat ganda atau membesar. Anda bisa juga memasukkan adonan ke plastik dan biarkan plastik menyerupai kerucut, lantas gunting ujung plastik, bentuk adonan bulat pipih di atas loyang.

5. Letakkan irisan almond (atau tambahan lain sesuai selera) di atas cookies, tekan dengan sendok.

6. Sebelum memasak kue, pastikan kompor menyala dengan api kecil. Lalu taruh teflon di atas kompor api kecil itu selama sekitar 10 menit.

7. Setelah itu, panggang loyang di atas teflon selama sekitar 20 menit. Setelah matang dan agak pecah, biarkan dingin dan jangan disentuh.

8. Setelah dingin, pindahkan kue ke toples kedap udara. Kue siap dihidangkan dan dinikmati. (NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]




BACA JUGA