Waktu Paling Tepat Mengoles Kuning Telur ke Kue Kering

CNN Indonesia | Jumat, 22/05/2020 20:13 WIB
Produsen kue kering Pusaka Kwitang hanya memproduksi 5 jenis kue kering saja, yaitu kue putri salju, kue nastar, kue kastangel, kue kacang, dan kue lidah kucing. (CNN Indonesia/ Hesti Rika) Beberapa jenis kue kering seperti nastar atau kastengel harus diberi olesan kuning telur agar tampilannya menarik. Namun kapan waktu tepat untuk mengolesnya? (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa jenis kue kering seperti nastar atau kastengel harus diberi olesan kuning telur agar tampilannya makin menarik. Sekilas terlihat mudah namun pada kenyataannya mengoles kuning telur ke kue kering dan mendapatkan hasil yang mengilap sempurna dan cantik.

Untuk mendapatkan polesan kuning telur yang mengilap, Anda bisa mencampurkan kuning telur dengan sedikit susu cair dan juga madu.

Namun kapan waktu tepat untuk mengolesnya?


Untuk mendapatkan hasil olesan yang kuning cerah dan mengilat, oleskan kuning telur saat kue sudah dipanggang setengah matang. 

Yang harus dilakukan adalah memanggang kue kering yang sudah dicetak atau dibentuk sampai setengah matang. Kemudian, keluarkan kue dan poles dengan campuran kuning telur secara merata ke semua bagian. Setelah itu, panggang lagi kue keringnya.


Kue yang dioles kuning telur saat mentah akan menghasilkan kue yang gosong. Saat kuning telur matang dan berubah warna, kue belum matang. Ketika kue matang, kuning telur sudah gosong dan tak menarik di lihat.

Jika ingin polesan yang lebih kuat, Anda bisa memolesnya dua kali. Tak perlu sampai lebih dari itu karena olesan akan jadi terlalu tebal dan kue kering Lebaran tak enak dimakan.

Ketika kue hampir matang, poles lagi kue kering dengan kuning telur untuk kedua kalinya. Gunakan api atas agar kuning telur matang dan berwarna kecokelatan. Namun turunkan panas api atas agar kue tak gosong.

(chs)

[Gambas:Video CNN]