William Wongso, Koki yang Bercita-cita Jadi Fotografer

tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 17:27 WIB
William Wongso meluncur buku Flavors of Indonesia di Ubud, Bali (29/5). William Wongso dikenal sebagai pakarr kuliner yang menguasai masakan Asia dan Eropa, dia baru-baru 'menantang' Gordon Ramsay untuk masak rendang. ( CNN Indonesia/Vega Probo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anda ingin tahu banyak soal masakan Nusantara? William Wongso  bisa jadi rujukan tempat bertanya. Pria kelahiran Malang, 73 tahun silam ini dikenal sebagai pakar kuliner yang menguasai masakan Asia dan Eropa. Di berbagai tulisan media massa yang bicara soal kuliner lokal, nama William seolah tak pernah absen.

Barangkali keputusan Gordon Ramsay untuk 'berguru' pada William soal makanan Indonesia tidak salah. Belum lama ini ia menerima tantangan William untuk mengolah rendang sapi, masakan khas Sumatera Barat. Tak tanggung-tanggung, Ramsay 'diceburkan' ke tanah Minang untuk menimba ilmu langsung dari warga lokal.

"Saya mungkin tidak bisa memasak rendang dengan sempurna dalam tujuh hari, tapi sejujurnya, saya senang dengan apa yang saya lakukan. Dia (William) memiliki pengetahuan yang kaya, dan itu yang menjadikan saya koki yang lebih baik," kata Ramsay mengutip dari National Geographic.

Pertemuan William dengan Ramsay bukan hal yang aneh. William pun menjalin relasi yang baik dengan koki kelas dunia lain termasuk mendiang Anthony Bourdain. Buatnya, Bourdain adalah kawan yang begitu menghargai dan menghormati budaya kuliner dunia apalagi street food culture.



"Dia pernah mengatakan pada saya 'William, street food always give you culinary surprises. Fine dining you know already predicted to get good food. (William, makanan kaki lima selalu memberikan kamu kejutan. Sedangkan fine dining, seperti yang kamu tahu selalu bisa diprediksi untuk mendapatkan makanan enak.)," katanya beberapa waktu lalu.

Mengutip dari berbagai sumber, makanan kaki lima memang begitu dekat dengan William. Bagaimana tidak? Keahliannya memasak justru ia dapatkan dari para pedagang kaki lima hingga koki sekelas restoran atau hotel berbintang. William sama sekali tidak menempuh pendidikan formal.


Malah sebelumnya, tak terbersit di benaknya untuk terjun ke dapur. Dulu, ia bercita-cita masuk ke dunia perfilman dan fotografi seperti sang ayah, Soewadi Wongso. Kecintaannya akan dunia masak tumbuh saat melihat kepiawaian ayahnya memasak. Namun dia masih sering memotret berbagai kuliner dan juga pasar-pasar tradisional lewat unggahan lewat akun instagramnya dan juga buku-buku kuliner yang ditulisnya. 

Keahliannya memasak mewujud dalam beberapa restoran yang ia kelola termasuk Warung by William Café Arthistic. Wajahnya pun sempat menghiasi layar kaca lewat program 'Cooking Adventure with William Wongso'. Berkat keahlian dan pemahamannya akan masakan Nusantara, Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan dia penghargaan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Competency Award 2008. (els/chs)

[Gambas:Video CNN]