WAWANCARA EKSKLUSIF

William Wongso: Gordon Ramsay 'Humble' dan Kabur Lihat Durian

tim, CNN Indonesia | Senin, 25/05/2020 14:04 WIB
Selebriti chef Gordon Ramsay Kepada CNNIndonesia.com, William Wongso menceritakan kisahnya saat melakukan syuting bersama koki asal Inggris Gordon Ramsay. (Dok. Gordon Ramsay Group)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam sebuah ajang kuliner yang ditayangkan di tv kabel, koki selebriti Gordon Ramsay datang ke Padang, Sumatera Barat dan ditantang oleh koki dan pakar kuliner Indonesia untuk membuat rendang.

Kepada CNNIndonesia.com, William Wongso menceritakan kisahnya saat melakukan syuting bersama koki asal Inggris tersebut.

"Syutingnya sendiri dilakukan pada Januari lalu sebelum Covid-19. Saya di sana seminggu tapi timnya sudah dua minggu lebih," kata William saat berbincang dengan CNNIndonesia.com.



Kesan apa yang didapatkan William ketika bertemu langsung dengan koki yang dikenal galak dan bermulut pedas ini? Kenyataannya, ia sadar ternyata Gordon Ramsay memiliki karakter yang benar-benar berbeda dari layar kaca setelah menghabiskan sekitar satu minggu bersama salah satu koki juri acara Hell's Kitchen dan MasterChef tersebut.

Karakter keras serta emosi yang kerap ditampilkan Gordon Ramsay saat memandu acara Hell's Kitchen sama sekali tak terlihat ketika berada di Padang.

"Pokoknya dia humble, berbeda sekali dengan di Hell's Kitchen," kata William Wongso.

Hal tersebut juga terlihat ketika Gordon Ramsay menyiapkan dadiah, makanan sejenis yogurt yang merupakan hasil fermentasi susu kerbau yang menjadi salah satu kuliner tradisional Sumatra Barat. Untuk membuat dadiah, Ramsay sendiri bahkan memerah susu kerbau.


"Dia (Gordon) kan terlalu tinggi, jadi duduk aja susah. Pas kerbau buang kotoran, dia kecipratan karena kerbau mengipas ekornya. Dia baik-baik saja," tutur William sambil sedikit tertawa ketika mengingat hal tersebut.

"Dia orangnya enggak takut kotor sama sekali. Enggak jijikan. Hebat," katanya.

Selain memasak rendang, William juga bercerita bahwa Ramsay juga mengikuti pacu jawi atau balapan sapi, olahraga tradisional Sumatera Barat. Pemain akan berlaku sebagai joki dengan memegang kedua sapi yang berlari di lintasan sawah berlumpur sepanjang 60-250 meter.

"Sampai belepotan lumpur pas pacu jawi karena kakinya terlalu panjang. Jadi sekali ditarik langsung jatuh," ucapnya.


Tak hanya itu, keseruan juga terjadi di saat Gordon ikut berlayar bersama nelayan lokal untuk mendapatkan ikan yang hendak dimasak bersama. Ketika di kota Jam Gadang ini, Gordon juga tak ragu terjun langsung ke pasar tradisional dan mengulek cabai dengan cobek batu tradisional.

Hanya saja, semua bayangan sosok tangguh Gordon saat main pacu jawi mendadak hilang saat Gordon dipertemukan dengan durian. 

"Tapi pas mencium bau durian, dia kabur, hahaha," ujarnya.

"Dia langsung bilang William tolong banget bawa pergi durian ini saya enggak tahan."

Tak dimungkiri, buah berduri yang jadi kesukaan orang Indonesia ini memang masih asing untuk orang-orang luar negeri, terutama karena aromanya yang menyengat, teksturnya yang 'asing' untuk mereka. 

"Ada bagian Ade Putri (salah satu chef tim William Wongso) menemani Gordon makan bika dan durian yang dia enggak doyan sama sekali. Dia takut banget. Padahal kecipratan kotoran kerbau dia enggak apa-apa," cerita William Wongso sambil tertawa.

William WongsoFoto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman
William Wongso


Selain durian, William juga mengungkapkan kalau Ramsay juga kurang suka adalah bika padang atau disebut dengan kue singgang. 

"Di Indonesia, dia juga belajar tentang keunikan kearifan lokal. Aku malah diajak masak sama-sama di restorannya di London. Dia kan keliling terus antara London dan LA. Dia senang soalnya tim kita juga kompeten mendampingi. Tim aku enam orang, dia 20, ada juga dari Bali. Banyak dan seru banget," ucapnya. 

"Salah satunya adalah saat dia pakai kobokan pas mau makan dia langsung mau cuci tangan. Saya tahan bilang enggak boleh, tunggu dulu itu Gubernur sudah pakai kobokan baru kita boleh. Kita kan punya adat."

Keseruan Gordon Ramsay mengeksplorasi budaya serta makanan di Padang, Sumatra Barat bisa disaksikan dalam musim kedua serial Gordon Ramsay: Uncharted yang mulai tayang 29 Juni 2020. (chri/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK