Wawancara Eksklusif

Cerita Rendang Gordon Ramsay Berguru Pada William Wongso

tim, CNN Indonesia | Senin, 25/05/2020 16:10 WIB
ilustrasi rendang William Wongso mengungkapkan awal mula hadirnya koki asal Inggris Gordon Ramsay ke Padang, Sumatra Barat untuk belajar memasak rendang pada Januari 2020. ( Istockphoto/ Norazaminayob)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chef Indonesia William Wongso mengungkapkan awal mula kehadiran koki asal Inggris Gordon Ramsay ke Padang, Sumatra Barat, Indonesia untuk belajar memasak rendang pada Januari 2020.

Kala itu, Gordon Ramsay datang untuk mempelajari pembuatan rendang Padang yang menjadi salah satu kuliner terbaik Indonesia dan paling dikenal dunia.

"Dia datang ke Indonesia untuk belajar bikin rendang. Sebelum ke Indonesia, dia ke Tasmania dan India dulu. Pas waktu luang mereka menghubungi saya dan bertanya Indonesia kira-kira mau diambil bagian mana," cerita William Wongso kepada CNNindonesia.com.


Ketika mendengar itu, William langsung mengajukan untuk syuting Sumatra Barat. Hal ini dilakukan karena ada banyak hal, budaya, alam, serta makanan yang bisa dieksplorasi bersama, seperti rendang, bajamba, pacu jawi, hingga tari tradisional.


"Jadi dia datang ke Indonesia memang untuk belajar bikin rendang dan mencari pengalaman budaya, budaya makan di Sumatra Barat setelah mencicip makanan Padang di pasar," tuturnya.

"Finalnya, Gordon dan saya sama-sama bikin rendang yang kemudian dijajarkan dan diberikan ke Gubernur Sumatera Barat," ucap William Wongso.

Ia juga mengatakan rendang yang dibuat koki asal Inggris tersebut penuh cita rasa Indonesia.

"Rendang itu kan kami yang training. Wong beberapa hari sebelumnya sous chef-nya datang duluan. Bayangin acara itu ada 20 orang kru kali ya yang datang, it's a big team, alatnya 800 kilo, 10 kamera, drone. Ini serius bukan ecek-ecek. Kalau yang datang cuma 3-4 orang. Ini serius banget dan kita belajar cara mereka syuting dan mereka selalu roll-on," ucap dia.

"Tapi sebelumnya saya briefing dulu apa yang mau saya bahas, kalau saya lupa malah dia yang ingetin tapi kamera tidak berhenti."



"(Jadi rasanya) Indonesia banget karena enggak ada retouch sama sekali."

Selain rendang, Gordon Ramsay ternyata juga membuat beberapa hidangan yang penuh kearifan lokal.

Mulai dari ikan yang sepenuhnya dimasak dengan bumbu khas Indonesia, memasak hidangan lain yang dipadukan dengan ciri khas Gordon Ramsay hingga dadiah yang dianggap sebagai yoghurt sehingga dipadukan dengan buah.

Gordon RamsayFoto: AFP/Ethan Miller
Gordon Ramsay


"Kami udah planned semua yang utama itu rendang, terus dia nyari udang galah, saya yang masakin udang. Terus dia masak ikan apa ya, di-twist dengan cara dia tapi bumbunya Indonesia kalau enggak salah dia bikin empat macam. Terus dia juga bikin dadiah dianggap yogurt dikasih buah. The point is bukan masak tok tapi dia juga mengalami segala macam budaya."

"Tradisi seperti waktu di Bajamba kan ada kobokan pas mau makan dia langsung mau cuci tangan. Saya bilang tahan enggak boleh, tunggu dulu itu Gubernur sudah pakai kobokan baru kita boleh. Kita kan punya adat."

Keseruan Gordon Ramsay mengeksplorasi budaya serta makanan di Padang, Sumatra Barat merupakan salah satu bagian dari musim kedua serial Gordon Ramsay: Uncharted.

William Wongso meyakini episode Sumatra Barat, Indonesia akan lebih spektakuler dibandingkan episode-episode lainnya. Misalnya, masuk ke desa yang sangat terpencil dan naik mobilnya bobrok. Selain itu Ramsay juga ke pasar tradisional, mengulek bumbu dengan cobek tradisional, memerah susu kerbau, sampai makan durian dan bika.

"Tapi dia kabur waktu ada durian."


Sebab, Gordon Ramsay datang tidak hanya untuk memasak tapi juga merasakan hingga melakukan sejumlah adat budaya setempat.

"Ada bajamba di Pagaruyung. Itu colorful. Tarian dan makanan dalam satu tempat. Belum lagi dia naik pacu jawi dan ikut nelayan ke laut," ungkap William Wongso.

Kebersamaan satu minggu di Padang sepertinya berkenan di hati Gordon Ramsay. William Wongso mengatakan pemandu sekaligus koki juri Hell's Kitchen dan MasterChef tersebut bahkan mengundangnya untuk memasak bersama di London.

ilustrasi rendangFoto: Istockphoto/ Bonchan
ilustrasi rendang


"Dia belajar tentang keunikan dan kearifan lokal. Saya malah diajak masak sama-sama di restorannya di London. Dia kan keliling terus antara London dan LA," ceritanya.

Namun, hal tersebut belum bisa terlaksana dalam waktu dekat akibat pandemi Covid-19 di dunia. London dan Jakarta sama-sama menjadi kota yang terdampak wabah virus corona.

Sementara itu, kebersamaan William Wongso dan Gordon Ramsay di Padang bisa disaksikan dalam  musim kedua serial Gordon Ramsay: Uncharted yang tayang mulai 29 Juni 2020.

"Saya belum lihat syuting. Kami itu dilarang unggah ke sosial media selama syuting. Tapi dia nunjukin ke saya gambar yang diambil tapi belum diedit. Saya belum liat biar surprise aja."

William WongsoFoto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman
William Wongso


(chri/chs)

[Gambas:Video CNN]