Niat dan Tata Cara Puasa Syawal

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 09:03 WIB
ilustrasi puasa Ilustrasi. Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa enam hari di bulan Syawal. Berikut niat dan tata cara puasa Syawal. (iStockphoto/Zeferli)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dan merayakan kemenangan di Hari Raya Idulfitri, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sunah selama enam hari di bulan Syawal. Berikut niat dan tata cara puasa Syawal.

Ibadah puasa Syawal memiliki ketetapan hukum sunah dilakukan oleh umat Muslim. Artinya, puasa Syawal tak bersifat wajib, tapi pahala berlimpah akan diberikan pada mereka yang menjalankannya.

Pahala puasa enam hari di bulan Syawal disebut setara dengan puasa selama setahun. Keutamaan puasa sunah ini luput seiring berakhirnya bulan Syawal.


Niat dan Tata Cara Puasa Syawal

Seperti ibadah lainnya, puasa sunah enam hari di bulan Syawal harus diiringi dengan lafal niat. Berikut bacaan niat puasa sunah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya:
"Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT."

Setelah melafalkan niat puasa sunah, umat Muslim menjalankan sahur sebelum azan Subuh seperti pada umumnya. Dilanjutkan dengan berpuasa menahan lapar dan nafsu selama 13 jam hingga matahari terbenam atau saat azan Magrib berkumandang. Umat Muslim dianjurkan untuk segera berbuka puasa saat azan berkumandang.

Puasa Syawal dilaksanakan selama enam hari di bulan Syawal. Umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah ini persis setelah Idulfitri yang jatuh pada 1 Syawal. Artinya, puasa dilakukan pada 2-7 Syawal.

Kendati demikian, puasa juga bisa dilakukan berselang hari asalkan masih pada bulan Syawal. Namun, sebagaimana disarankan firman Allah SWT dalam QS Ali Imran ayat 133, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa Syawal sesegera mungkin.

وسارعوا إلى مغفرة من ربكم وجنة عرضها السماوات والأرض أعدت للمتقين

Artinya:
"Bersegera lah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa." (asr)

[Gambas:Video CNN]