7 Tips Membeli Makanan di Warung Makan saat Pandemi Covid-19

tim, CNN Indonesia | Kamis, 28/05/2020 05:31 WIB
Pedagang menggunakan alat pelindung wajah (Face Shield) di salah satu rumah makan di kawasan Margonda, Depok, Jawa Barat, Senin (20/4/2020). Penggunaan alat pelindung wajah tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran wabah virus corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp. Ilustrasi: Saat membeli dan memilih makanan di warung makan, Anda tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan. Berikut panduan dari BPOM. (Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang, kebutuhan makanan selama masa karantina pandemi Covid-19 ini bisa dipenuhi dengan memasak. Tapi ada pula yang terpaksa masih harus membeli di warung makan atau restoran. Mereka yang indekos atau yang tak punya dapur di kamar sewanya.

Apa boleh buat, sebab perut tetap harus diisi dan kesehatan pun perlu dijaga agar daya tahan tubuh prima guna menangkal pelbagai virus. Karenanya ketika pergi ke warung makan Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan buku panduan "Serba Covid-19" untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya, memuat pedoman pencegahan memilih pangan yang sehat di warung makan.



Berikut yang perlu diperhatikan saat berbelanja di warung makan.

1. Utamakan kebersihan. Pastikan warung, tempat memasak dan peralatan makan bersih.

2. Ingatlah untuk tetap menerapkan physical distancing. Tetap jaga jarak fisik satu meter dengan pengunjung lain.

3. Pastikan penjual atau penyaji makanan menggunakan masker dan sarung tangan.

Pedagang jajanan buka puasa atau Takjil di Jalan Bendungan Hilir (Benhil)  terlihat sepi penjual dan juga masyarakat yang membeli juga tidak banyak. Jakarta.  Jumat (24/4/2020). Dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB DKI Jakarta, tertulis Pasal 10 ayat (3) yang berisi kewajiban pelaku usaha di sektor usaha penjualan makanan dan minuman, berisi aturan untuk membatasi layanan hanya untuk dibawa pulang, melalui pemesanan secara daring, dan atau dengan fasilitas telepon atau layanan antar. CNN Indonesia/Andry NovelinoIlustrasi: Salah satu panduan yang perlu diperhatikan adalah pemakaian masker dan sarung tangan. Pastikan penjual atau penyaji makanan memakainya. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)


4. Jangan lupakan cuci tangan. Penjual atau penyaji makanan juga para pengunjung--jika terpaksa makan di tempat--harus selalu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Atau jika kesulitan mendapatkan akses air maka bisa menggunakan hand sanitizer.

5. Pilih makanan yang tampak segar atau baru dimasak.

6, Hindari gorengan yang warnanya sudah gelap atau juga sayur yang kelihatannya sudah berulang kali dipanaskan.

7. Beli makanan dan segera bawa pulang.

[Gambas:Video CNN]

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK