Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 11:46 WIB
Jurusan kuliah yang tepat dapat memudahkan Anda saat memasuki dunia kerja. Berikut tips memilih jurusan kuliah yang tepat. Ilustrasi. Jurusan kuliah yang tepat dapat memudahkan Anda saat memasuki dunia kerja. (Thinkstock/diego_cervo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dibuka mulai Selasa (2/6) kemarin hingga 20 Juni. Siswa atau calon mahasiswa dapat mulai memilih jurusan kuliah.

Pilih lah jurusan kuliah yang tepat dan sesuai. Jurusan kuliah yang tepat dapat menunjang kemampuan dan memudahkan di dunia kerja. Terdapat sejumlah tips dan trik memilih jurusan kuliah yang tepat.

Tips dan trik ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.


Berikut tips dan trik memilih jurusan kuliah yang tepat.

1. Sesuaikan dengan minat
Pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat yang dimiliki. Minat adalah ketertarikan atau kesukaan terhadap suatu bidang tertentu. Misalnya, jika senang atau tertarik merancang bangun, pilih jurusan ilmu arsitektur. Jika senang dengan bahasa asing, pilih ilmu bahasa yang disukai tersebut.

Mempelajari sesuatu sesuai dengan minat akan lebih mudah untuk dipahami.

2. Sesuaikan dengan bakat dan keahlian
Memilih jurusan kuliah juga dapat disesuaikan dengan bakat dan keahlian yang dimiliki. Bakat merupakan kepandaian yang dimiliki dalam menguasai suatu bidang.

Umumnya, seseorang memiliki sejumlah keahlian pada bidang tertentu, misalnya matematika atau menghitung, bahasa, komunikasi, dan sebagainya. Di masa sekolah, bakat atau keahlian dapat dilihat dari nilai rapor yang menonjol.

Jika menguasai matematika, jurusan yang berhubungan dengan menghitung seperti ilmu matematika dan ilmu statistik dapat dipilih sebagai jurusan kuliah. Jika menguasai pelajaran biologi, maka dapat memilih jurusan kedokteran.

Ilustrasi PerpustakaanIlustrasi. Jurusan kuliah yang tepat dapat menunjang kemampuan dan memudahkan Anda saat memasuki dunia kerja. (robarmstrong2/Pixabay)

3. Sesuaikan dengan pekerjaan yang diinginkan
Pilih pula jurusan kuliah yang sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan atau cita-cita yang ingin dicapai. Jurusan di kuliah akan menentukan pekerjaan di masa depan, terutama pada pekerjaan yang spesifik.

Misalnya, jika ingin menjadi perawat, maka jurusan yang diambil adalah ilmu keperawatan. Begitu pula jika ingin menjadi seorang pengacara, maka jurusan yang diambil adalah ilmu hukum.

4. Sesuaikan dengan nilai dan peluang diterima
Memilih jurusan kuliah agar dapat diterima di perguruan tinggi juga dapat dilakukan dengan mempertimbangkan nilai dan peluang diterima. Lakukan uji coba atau try out untuk mengetahui nilai dan sesuaikan dengan jurusan yang diinginkan.

Misalnya, jika memiliki nilai yang tinggi, Anda dapat memilih jurusan dari universitas favorit. Jika tidak, tak ada salahnya menurunkan pilihan pada jurusan dengan peminat yang rendah untuk memperbesar peluang diterima pada UTBK dan SBMPTN.

5. Banyak bertanya
Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang lain seperti orang tua, guru, dan senior. Orang-orang ini lebih berpengalaman dan mengetahui kehidupan perkuliahan.

Tanyakan pada senior yang sudah berkuliah mengenai jurusan yang diinginkan. Mulai dari mata pelajaran, gaya belajar, kehidupan berkuliah, dan sebagainya. Dengan mengetahui seluk beluk jurusan dan dunia perkuliahan, maka dapat membantu kita mengambil keputusan yang tepat untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

6. Telusuri setiap jurusan dan perguruan tinggi
Telusuri pula setiap jurusan yang terdapat di perguruan tinggi. Ada banyak jurusan yang tak sering disebutkan dan berbeda dengan mata pelajaran saat bersekolah.

Jurusan kuliah bukan hanya sekadar matematika, biologi, kimia, atau ekonomi. Ada jurusan teknik, komunikasi, desain, filsafat, psikologi, dan sebagainya. Kenali setiap jurusan tersebut. Pilihlah sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]