13 PTN Terbaik Versi Kemenristek/BRIN 2019

tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 20:30 WIB
Ilustrasi Perpustakaan Sebagai 'bekal' untuk memilih jurusan saat SBMPTN, ada beberapa universitas terbaik versi Kemenristek/BRIN tahun 2019 lalu. (robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selasa (2/6), pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dibuka. UTBK merupakan tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil UTBK bakal jadi satu-satunya atau salah satu syarat mengikuti SBMPTN. Dalam surat edaran tentang 'Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020', di proses pendaftaran, calon peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

Oleh karena itu, sebaiknya calon peserta melihat daftar perguruan tinggi terbaik sebagai gambaran tempat studi lanjut. Kemenristekdikti (kini Kemenristek/BRIN) mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia pada 2019 lalu. Pengumuman ini juga memperlihatkan daftar perguruan tinggi negeri terbaik 2019.

Ada beberapa poin pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 difokuskan pada indikator atau penilaian berbasis Output - Outcome Base. Dengan basis ini, penilaian melihat kinerja masukan dengan bobot 40 persen meliputi Input (15 persen) dan Proses (25 persen), kemudian Kinerja Luaran dengan bobot 60 persen yang terdiri dari Kinerja Output (25 persen) dan Outcome (35 persen).


"Dengan perubahan penilaian kinerja perguruan tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, diharapkan perguruan tinggi didorong untuk lebih menekankan produk atau luaran pendidikan tinggi yang berkualitas yaitu dengan pemberian bobot output yang lebih besar dari bobot input," ungkap Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo seperti dikutip dari laman resmi Ristekbrin.



Berikut daftar peringkat perguruan tinggi terbaik 2019 untuk membantu Anda memilih universitas saat pendaftaran SBMPTN. Dari 100 PTN dan PTS dalam daftar tersebut, berikut PTN di posisi 13 besar. 

1. Institut Teknologi Bandung

2. Universitas Gadjah Mada

3. Institut Pertanian Bogor

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

5. Universitas Indonesia

6. Universitas Diponegoro


7. Universitas Airlangga

8. Universitas Hasanuddin

9. Universitas Brawijaya

10. Universitas Padjadjaran

11. Universitas Andalas

12. Universitas Sebelas Maret

13. Universitas Sumatera Utara

(els/chs)

[Gambas:Video CNN]