Hari Sepeda Sedunia

Alasan Gaya Hidup Sehat dengan Bersepeda

tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 08:30 WIB
Pengendara sepeda melintas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Senin, 1 Juni 2020. Bersepeda menjadi alternatif olahraga bagi warga semenjak berlakunya status PSBB yang berdampak pada tutupnya sejumlah fasilitas olahraga di Jakarta. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Ilustrasi: Dua tahun lalu dunia mulai merayakan Hari Sepeda Internasional demi menyerukan gaya hidup sehat. Setidaknya, ada 5 manfaat bersepeda. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap 3 Juni diperingati sebagai Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia pada 2018 lalu dalam Majelis Umum PBB di yang ke-72 di New York, Amerika Serikat.

Hari Sepeda Sedunia ditetapkan untuk menggaungkan gaya hidup sehat. Sepeda telah digunakan lebih dari dua abad sebagai transportasi yang sederhana, terjangkau, bersih, sehat, dan ramah lingkungan.

PBB menyerukan kepada setiap negara untuk meningkatkan sarana bersepeda agar meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik banyak orang.



Terdapat sejumlah alasan yang membuat bersepeda merupakan gaya hidup sehat. Berikut lima alasan bersepeda merupakan gaya hidup sehat.

1. Mengurangi risiko penyakit kronis
Bersepeda mengaktifkan otot-otot tubuh. WHO menyatakan rutin bersepeda dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, kanker tertentu, diabetes. Bersepeda juga mengurangi risiko kematian.

2. Meningkatkan kesehatan tulang
Bersepeda meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tulang. Bersepeda juga dapat mencegah faktur dan tekanan pada otot.


3. Mengontrol berat badan dan mencegah obesitas
Bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk mengontrol dan mengurangi berat badan. Bersepeda dapat membakar lemak dengan efektif. Bersepeda juga dapat mencegah obesitas, sumber dari berbagai penyakit kronis.

4. Lebih dekat dengan alam
Bersepeda membuat seseorang dapat lebih dekat dengan alam. Orang yang mengendarai sepeda dapat sekaligus menikmati keindahan alam sekitar lebih dekat. Keindahan alam membuat seseorang memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

5. Pengalaman yang unik
Berdasarkan keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com dari Agoda, bersepeda disebut memberikan pengalaman unik dalam berkendara dan mengunjungi suatu tempat. Pengalaman yang unik ini dapat memberikan kesenangan dan baik untuk kesehatan mental. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]