Sepatu Moncong Sepanjang 75 cm Bantu Jaga Jarak Fisik

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 13:35 WIB
Ilustrasi sepatu kulit Ilustrasi. Sepatu 'physical distancing' hadir dengan moncong sepanjang 75 cm. (Freestocks.org via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjaga jarak fisik atau physical distancing merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona (Covid-19). Untuk memudahkan praktik ini, pembuat dan tukang reparasi sepatu asal Rumania menciptakan sepatu moncong panjang yang ampuh untuk menjaga jarak.

Pembuat sepatu di Kota Transylvania Cluj, Grigore Lup, membuat sepatu dengan bagian depan atau moncong yang panjang. Sepatu ini merupakan jenis pantofel dengan bahan kulit.

Sepatu ini dilabeli dengan ukuran 75 di Eropa. Jika biasanya panjang sepatu tepat berakhir menutupi bagian ujung jari, maka sepatu physical distancing ini memiliki panjang moncong hingga 75 sentimeter ke depan. Rasanya sama seperti ketika Anda memakai bakiak panjang seorang diri di perlombaan 17 Agustus.


Lup yang berusia 55 tahun merupakan pembuat sepatu yang sudah berpengalaman hampir empat dekade. Dia membuat sepatu moncong ini dengan tujuan agar setiap orang dapat menerapkan physical distancing dengan benar. Diharapkan dengan memakai sepatu ini tak ada orang yang berani mendekat.

"Saya melihat orang-orang berkerumun dan tidak menghormati aturan jarak sosial dan saya berkata pada diri sendiri mari kita membuat sepatu untuk menghukum mereka dan mungkin itu cara mereka agar menjaga jarak," kata Lup dikutip dari Metro UK.

Saat dua orang menggunakan sepatu ini, maka jarak yang tercipta mencapai 1,5 meter. Hanya memerlukan beberapa langkah lagi untuk dapat memenuhi ketentuan physical distancing WHO yakni sejauh 2 meter.

Hingga saat ini, sepatu ciptaan Lup sudah diminati sejumlah orang. Dia sudah mulai menerima sejumlah pesanan. Sepatu ini dihargai 500 lei atau sekitar Rp1,6 juta. Diperlukan waktu dua hari untuk membuat sepasang sepatu bermoncong panjang ini. (ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK