Hari Keju

5 Manfaat Keju untuk Kesehatan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 10:20 WIB
Ilustrasi ragam jenis keju Ilustrasi. Tak cuma enak disantap, keju juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. (Splitshire)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap 4 Juni diperingati sebagai Hari Keju atau Cheese Day. Hari Keju mulanya diperingati di Amerika Serikat, tapi kini meluas ke seluruh dunia. Terdapat sejumlah manfaat keju untuk kesehatan.

Keju adalah makanan yang terbuat dari susu. Dibuat pertama kali sejak tahun 8.000 SM, keju menjadi salah satu makanan tertua di dunia.

Arkeolog menemukan keju terdapat di sejumlah negara di dunia seperti Polanda pada 5.500 SM, China pada 3.000 SM, dan Mesir pada 2.000 SM.


Mulanya keju dibuat secara tidak sengaja saat pengembala sapi menyimpan susu di dalam perut hewan. Enzim di perut hewan itu membuat susu menjadi kental dan terpisah menjadi dadih.

Hingga saat ini, pembuatan keju terus berkembang di seluruh dunia. Terdapat sekitar 1.400 jenis keju yang ada di dunia.

Secara garis besar terdapat dua jenis keju yang umum dijumpai yakni keju segar dan olahan. Keju segar menawarkan manfaat kesehatan yang lebih baik karena terbuat dari susu sapi segar dan tidak menggunakan pengawet, pewarna, dan bahan kimia lainnya.

Berikut lima manfaat keju untuk kesehatan.

1. Mencegah osteoporosis
Keju mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang semuanya baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi kandungan ini dapat mencegah penyakit osteoporosis.

2. Menjaga kesehatan gigi
Selain kesehatan tulang, keju juga baik untuk kesehatan gigi. Berdasarkan keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com dari Greenfields, studi menunjukkan, konsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang. Nutrisi di dalam keju melindungi gigi dari asam yang membuat gigi keropos.

3. Mencegah penyakit jantung
Keju tinggi lemak mengandung sejumlah kecil asam linoleat terkonjugasi (CLA). Dikutip dari situs kesehatan Healthline, studi mendapati CLA dapat membantu mencegah obesitas, penyakit jantung, dan mengurangi peradangan.

4. Mengontrol tekanan darah
Statistik menunjukkan, orang yang mengonsumsi keju memiliki tekanan darah yang terkontrol dan lebih rendah. Kalsium dalam keju membantu mengurangi tekanan darah.

5. Mengandung bakteri baik untuk pencernaan
Sebagai makanan fermentasi, keju mengandung bakteri yang baik untuk sistem pencernaan. Konsumsi keju dapat melancarkan metabolisme tubuh.

Studi juga menemukan bakteri baik yang terkandung dalam keju juga memiliki manfaat yang baik untuk kolesterol dalam darah. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]