7 Tanaman 'Anti-manja' yang Tak Mudah Layu untuk Pemula

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/06/2020 12:48 WIB
Sansevieria trifasciata Prain , Mother in law tongue , Viper's bowstring hemp . Can be used indoor or in shade area . can plant in bedroom to make fresh air . Ilustrasi. Beberapa tanaman dapat tumbuh dengan baik meski tak mendapatkan cahaya matahari dan air yang banyak. (Istockphoto/Natalia SERDYUK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ingin mempercantik rumah dengan beragam tanaman hias? Anda bisa memilih beberapa tanaman 'anti-manja' berikut agar rumah terasa lebih hijau tanpa perlu repot.

Beberapa tanaman hias diketahui tumbuh dengan cepat. Beberapa tanaman juga dapat tumbuh meski tak mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Sama seperti manusia, sejumlah tanaman hias juga lebih menyukai suhu dalam ruangan.

Beberapa tanaman hias di bawah ini juga cocok bagi Anda yang kerap lupa jadwal menyiram. Tanaman-tanaman hias ini bisa tumbuh tanpa membutuhkan terlalu banyak air.

Berikut 7 tanaman hias yang tak mudah layu, mengutip The Spruce.

1. Lidah buaya (Aloe vera)
Sebagai tanaman hias, lidah buaya dikenal akan manfaatnya yang kaya. Getahnya bisa dibuat sebagai pelembap kulit atau untuk menyembuhkan luka ringan.

Sebagai sukulen, lidah buaya membutuhkan sedikit asupan air. Lidah buaya juga dapat tumbuh subur di tempat dengan paparan cahaya matahari secara tak langsung.

2. Sri rezeki (Chinese evergreen/Aglaonema)
Tanaman cemara China ini sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi ruangan. Tanaman ini juga lebih senang tumbuh di lokasi yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung.

Aglaonema juga tak membutuhkan terlalu banyak air. Alih-alih menyiramnya tiap hari, biarkan tanah kering dalam beberapa hari sebelum akhirnya disiram.

Namun, tanaman ini tak menyukai daerah dengan intensitas angin yang tinggi. Tanaman ini juga tak suka hidup dalam suhu udara di bawah 16 derajat Celcius.

Ilustrasi Lidah BuayaIlustrasi. Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang tak mudah layu dan cocok untuk pemula. (sarangib/Pixabay)


3. Kaktus natal
Kaktus Natal merupakan anggota famili kaktus dengan bunga berwarna merah muda atau tua.

Tanaman ini sangat tidak suka dimanja. Jika diabaikan pun, dia akan tetap tumbuh dengan baik.

Sebagaimana kaktus lainnya, kaktus Natal dapat hidup di lokasi dengan paparan cahaya rendah. Namun, jika Anda ingin bunganya bermekaran, simpan di cahaya terang. Pemangkasan setelah mekar akan membuat tanaman tumbuh lebih lebat.


Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias



4. Tanaman giok (Jade plant)
Dengan daunnya yang tebal dan mengkilap, jade plant sangat populer sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Untuk tumbuh subur dan sehat, tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari. Jadi, pilih ruangan paling terang untuk meletakkannya.

Salah satu hal rumit dalam memelihara jade plant adalah Anda harus memastikan tanaman ini mendapatkan pasokan air yang tepat. Terlalu banyak air akan membuat akarnya membusuk. Sementara terlalu sedikit air akan membuat daunnya berjatuhan.

Anda juga tak perlu menyiramnya setiap hari. Biarkan tanah benar-benar kering sebelum menyiramnya.

5. Bambu rezeki (Lucky bamboo/Dracaena sandersl)
Bambu rezeki akan tumbuh dengan baik dalam area dengan cahaya terang.

Bambu rezeki umumnya tumbuh dengan baik di dalam air. Tapi, begitu akar membesar, Anda disarankan untuk menanamnya di tanah.

Anda tak perlu menyiram bambu rezeki setiap hari. Sama seperti lainnya, siram tanaman ini setelah tanah dirasa kering.

Tanaman ini juga sulit terbunuh dan mati. Saat layu, bambu rezeki bahkan akan kembali berkembang setelah disiram.

6. Lidah mertua (Sansevieria)
Lidah mertua merupakan tanaman hias yang berumur panjang dan mudah dirawat. Tanaman ini sangat toleran terhadap cahaya rendah.

Sama seperti lainnya, Anda juga tak perlu menyiramnya setiap hari. Anda bisa menyiramnya saat tanah dirasa kering.

7. Peace lily
Peace lily hadir dengan bunganya yang cantik berwarna putih. Tanaman ini lebih menyukai kondisi yang hangat dan lembap.

Tanaman ini juga mekar dengan cepat. Daunnya yang lebat membuat ruangan terasa begitu hijau.

Namun, perlu diingat, peace lily akan terus merasa damai selama Anda tidak meletakkannya di area yang terkena paparan angin secara langsung.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK