Cara Mencegah Virus pada Makeup

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/06/2020 19:14 WIB
Ilustrasi Kuas Makeup Ilustrasi: Makeup memang mengandung bahan pengawet pencegah kontaminasi bakteri dan jamur, tapi tidak untuk virus. Berikut sejumlah tips untuk mencegah virus pada makeup. (Foto: celso3tn/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produk kosmetik atau makeup berisiko menjadi salah satu media penularan virus corona penyebab Covid-19Makeup bersentuhan langsung dengan tangan dan wajah terutama bagian bibir, hidung, dan mata lantas bisa saja menginfeksi tubuh.

Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah virus di makeup.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menyatakan di dalam makeup terdapat bahan pengawet yang dapat mencegah kontaminasi bakteri dan jamur. Namun, tidak dapat mencegah kontaminasi virus.


Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, virus corona dapat bertahan pada permukaan plastik hingga 72 jam. Permukaan itu termasuk plastik makeup, tabung, dan kotak logam.


Produk kosmetik berisiko menjadi media penularan virus corona terutama makeup bibir dan mata. Makeup bibir seperti lipliner, lipbalm, dan lipstik sangat berisiko karena diaplikasikan langsung pada bibir yang merupakan jalan masuk cairan dan saluran napas.

Produk makeup mata seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner juga berisiko karena mata merupakan salah satu jalur masuk virus.

"Mengaplikasikan produk makeup yang terkontaminasi pada wajah dapat menjadi pintu masuk infeksi mikroorganisme termasuk virus corona," pernyataan dari Perdoski melalui akun Instagram mereka.

[Gambas:Instagram]

Berikut beberapa cara mencegah virus corona pada makeup:

1. Gunakan makeup saat berada di rumah. Hindari membawa atau menggunakan makeup di tempat umum.
2. Perdoski merekomendasikan untuk mengganti makeup secara berkala. Maskara dan eyeliner tiap tiga bulan dan eyeshadow tiap 6 bulan.
3. Buang makeup Anda bila Anda terinfeksi virus.
4. Disinfeksi kemasan makeup setiap hari menggunakan cairan antibakteri, dapat berupa tisu atau spray.

Ilustrasi kuas makeupFoto: KaboomPics
Ilustrasi kuas makeup


5. Bersihkan permukaan atas dan samping lipstik dan lipbalm dengan tisu basah setiap selesai dipakai.
6. Cuci brush dan sponge setelah dipakai menggunakan air hangat dan sabun, serta keringkan.
7. Jangan menggunakan makeup secara bersama-sama. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]