Terapkan Prosedur Baru, Kawasan Wisata Ancol Buka 20 Juni

Taman Impian Jaya Ancol, CNN Indonesia | Rabu, 10/06/2020 15:59 WIB
Taman Impian Jaya Ancol akan membuka sebuah kawasan baru seluas 3 Ha yang dilengkapi dengan 9 wahana baru di Dunia Fantasi Ancol Taman Impian Jaya Ancol. (Foto: dok. Taman Impian Jaya Ancol)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Impian Jaya Ancol berencana untuk kembali menerima pengunjung mulai Sabtu, 20 Juni mendatang. Memasuki masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Jakarta, Direktur Utama Teuku Sahir Syahali mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan prosedur dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Teuku menjelaskan, peraturan baru yang tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung itu disebut SSBB atau Senang Selamat Bareng Bareng. Dengan peraturan ini, diharapkan pengunjung tetap dapat bersenang-senang dan menikmati liburan di Taman Impian Jaya Ancol.

"Seluruh orang yang menjadi bagian kawasan wisata, baik pengunjung, karyawan, petugas serta mitra memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan satu sama lain demi kebaikan bersama," kata Teuku.
SSBB Ancol disusun dengan menyesuaikan imbauan pemerintah antara lain meliputi pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas normal, serta larangan masuk untuk anak usia di bawah 50 tahun, ibu hamil, dan lansia usia 50 tahun ke atas. Dalam bertransaksi, diterapkan kebijakan pembayaran non tunai sehingga penjualan tiket di loket ditiadakan, beralih ke situs resmi atau mitra penjualan yang dibuka mulai 13 Juni 2020.


Pengunjung diwajibkan melakukan reservasi sebelum kunjungan. Untuk pengunjung yang membeli tiket di situs Ancol, tanggal kedatangan dapat dipilih sejak pembelian tiket. Protokol kesehatan di lokasi pun tetap dijalankan, termasuk pemeriksaan suhu tubuh di Pintu Gerbang Ancol dan unit rekreasi. Jika suhu tubuh melewati 37,3 derajat celcius, pengunjung tidak dapat lanjut masuk.

Teuku menambahkan, pengunjung diwajibkan menggunakan masker yang menutup hidung dan mulut, serta menjaga jaga jarak fisik antara 1,5 sampai 2 meter di semua area. Unit rekreasi pun disebut akan dibuka secara bertahap.

"Yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya," ujar Teuku.
Hal berikut yang harus diketahui pengunjung adalah penyesuaian jam operasonal. Pintu Gerbang Utama dan kawasan Pantai dibuka mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB, Dunia Fantasi mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku Senin sampai Minggu dan hari libur nasional.

Teuku menegaskan, pihaknya akan terus mengingatkan pengunjung untuk lebih sering mencuci tangan dengan sabun, atau menerapkan pola hidup sehat dan bersih, baik oleh petugas maupun lewat papan informasi. Saat ini, manajemen telah melakukan penambahan fasilitas cuci tangan, penyediaan hand sanitizer, dan pembersihan menggunakan disinfektan.

"Diharapkan agar calon pengunjung dapat mentaati semua protokol yang ditetapkan dan mempersiapkan diri dengan membawa peralatan pribadi seperti alat makan serta alat ibadah, juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat," kata Teuku. (rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK