Studi: Cokelat dan Susu Bisa Sebabkan Jerawat

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/06/2020 22:22 WIB
Close up of young beautiful woman biting chocolate candy. Ilustrasi. Orang yang berjerawat mengonsumsi lebih banyak cokelat, susu, serta makanan berlemak dan bergula. (Istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pola makan berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Penelitian terbaru menunjukkan, konsumsi cokelat, produk susu, makanan berlemak, dan makanan manis dapat menimbulkan jerawat.

Studi yang baru saja dipublikasikan di jurnal JAMA Dermatology ini merupakan penelitian ilmiah besar yang melibatkan 25 ribu orang dewasa di Prancis.

"Ini adalah penelitian yang penting, dan menambah bukti yang telah menemukan bahwa pola makan tertentu menjadi salah satu faktor yang berperan dalam jerawat bagi beberapa individu," kata juru bicara American Academy of Dermatology, ahli dermatologi Rajani Katta, menilai penelitian tersebut, dikutip dari CNN.

Hasil studi ini didapat setelah analisis dan pengamatan jangka panjang berdasarkan diet orang dewasa di Prancis. Peserta studi mencatat pola makan mereka selama 24 jam.

Peneliti mendapati orang yang berjerawat mengonsumsi lebih banyak susu, cokelat, makanan ringan, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan bergula. Orang yang berjerawat juga makan lebih sedikit daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan.

Peneliti kemudian memasukkan sejumlah faktor seperti jenis kelamin, kehamilan, menopause, usia, merokok, aktivitas fisik, pendidikan, depresi, berat badan, dan sejumlah penyakit. Hasilnya, minuman olahraga, makanan berlemak, dan bergula juga secara independen terkait dengan jerawat.

Menurut studi ini, hubungan antara makanan-makanan itu dengan munculnya jerawat terjadi karena kadar glikemik dan gula yang tinggi. Makanan-makanan tersebut meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan peradangan atau stres oksidatif sehingga menyebabkan jerawat.

Peneliti menyarankan setiap orang yang berjerawat untuk mempertimbangkan pola makan yang sehat dan menghindari makanan tinggi gula dan lemak seperti cokelat, susu, makanan ringan, makanan cepat saji, dan makanan bergula.


(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]