4 Tips Menanam Anggrek Agar Berbunga Indah

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/06/2020 13:57 WIB
Close up of pink orchids. Menanam anggrek bukan hal yang mudah. Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan sehingga anggrek jarang berbunga. (istockphoto/Lemiuex)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman bunga yang banyak diminati orang. Setangkai anggrek penuh dengan bunga yang mekar terlihat indah dan menawan.

Namun seperti diketahui, menanam anggrek sampai berbunga indah bukanlah hal yang mudah. Yang pasti ada berbagai masalah yang dialami saat menanam anggrek, misalnya bunga yang tak kunjung tumbuh atau gugur sebelum berkembang.

Mengutip Martha Stewart ada beberapa kesalahan penanam anggrek pemula sehingga tak berbunga.


1. Terlalu Banyak Cahaya

Karena bunganya yang indah, banyak orang cenderung meletakkan pot anggrek di tempat yang paling menonjol atau terlihat banyak orang, misalnya di jendela.

Hal ini menyebabkan anggrek mendapatkan terlalu banyak sinar matahari dan 'kepanasan.' Salah satu anggrek populer khususnya, anggrek Phalaenopsis, membutuhkan naungan untuk bertahan hidup, misalnya di bawah pohon.

Jika Anda memilih jenis anggrek ini, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang memiliki cahaya terang, tetapi jauh dari sinar matahari langsung. Salah satu ciri anggrek Anda terkena terlalu banyak sinar matahari adalah saat daun yang hijau berubah menjadi kuning.

Sebaliknya kekurangan cahaya juga akan membuat anggrek tak subur. Anggrek Dendrobium dan Oncidium membutuhkan banyak cahaya terang. Dan sementara mereka dapat ditempatkan di tempat teduh untuk waktu yang singkat, mereka harus dikembalikan ke cahaya terang jendela atau tempat cerah lainnya sesegera mungkin. 

Kew Garden apprentice Alice McKeever adjusts orchids during a press preview of Kew gardens 25th annual Orchid Festival in London, Thursday, Feb. 6, 2020. The first festival with an Indonesian theme has over 5000 orchids on display. The show opens to public on Saturday Feb. 8,2020 and lasts until March 8,2020. (AP Photo/Frank Augstein)Foto: (AP Photo/Frank Augstein)
ilustrasi anggrek

2. Penyiraman

Anggrek bukan termasuk tanaman yang suka air. Menyiramnya dengan terlalu banyak air justru akan membuat mereka cepat mati. Siramlah dengan air yang secukupnya dan jumlah yang tak terlalu banyak.

Banyak orang mengatakan, menyiram anggrek dengan air bilasan cucian beras akan membantu mempercepat tumbuh bunga karena kandungan nutrisi di dalamnya.

3. Pupuk

Menyiram anggrek tak cukup untuk menyehatkannya. Berikan nutrisi yang cukup pada bunga ini melalui pupuk. Anggrek bisa dipupuk dengan pupuk nabati jenis apapun, tapi yang terbaik adalah dengan pupuk rumput laut.

4. Tanam Ulang

Medium tempat penanaman anggrek sangat penting diperhatikan. Setiap dua tahun sekali anggrek perlu ditanam ulang, atau ketika daun bagian bawah mulai mati. Ketika memilih pot, pastikan bagian bawahnya memiliki lubang tempat air mengalir keluar.

(chs)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA