Cara Mudah Memilih Buah yang Matang dan Manis

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/06/2020 07:45 WIB
Ilustrasi Anak Makan Semangka Memilih buah yang matang sempurna dan manis tidaklah mudah, berikut tips cara mudah memilih buah yang matang dan enak untuk disantap(jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu cara menjaga imunitas, konsumsi makanan sehat dan bervitamin adalah salah satu cara yang dianjurkan. Selain makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan.

Apel, mangga, buah naga, melon, semangka, dan lainnya saat ini cukup mudah ditemukan di pasaran. Namun sayangnya memilih buah yang matang sempurna dan manis tidaklah mudah. Ada beberapa kali, si penjual menjanjikan buahnya pasti manis namun ketika dikupas di rumah, buahnya ternyata asam atau belum matang.

Berikut tips cara mudah memilih buah yang matang dan enak untuk disantap:


1. Melon

Ilustrasi Buah MelonFoto: Meditations/Pixabay
Ilustrasi Buah Melon


Besarnya ukuran buah melon ternyata tidak menjamin rasanya bakal manis. Kebanyakan, ukuran buah yang besar rasanya cenderung tawar dan banyak mengandung air.

Sebaliknya, untuk mendapatkan melon dengan rasa yang manis, lihatlah kulit buahnya. Tekstur kulit buah melon bisa menjadi penentu kematangan. Pilihlah buah melon yang memiliki uliran jaring-jaring pada kulitnya yang lebar. Cara kedua adalah dengan mencium aroma buahnya. Buah yang sudah matang akan lebih harum dibanding dengan yang belum matang.

Selain itu, perhatikan juga bagian ujung pangkal buahnya. Buah yang sudah matang memiliki uliran jaring yang sedikit.

2. Semangka

Ilustrasi semangkaFoto: Pixabay/PDPics
Ilustrasi semangka


Semangka yang ranum dan manis ditandai lewat warnanya. Jarak warna hijau tua dan hijau muda pada kulit buah semangka yang semakin lebar serta ukuran buah yang besar juga bisa menjadi penentu kematangan.

3. Durian

buah durianFoto: iStockphoto/yuliang11
buah durian


Selain harum buahnya yang kerap menjadi indikator penentu rasa durian yang manis, ukuran duri pada buah durian juga tidak dapat diabaikan. Semakin besar ukuran duri pada buah durian, semakin besar pula kemungkinan rasa buahnya manis.

4. Manggis

Ilustrasi buah manggisFoto: Pixabay/taboty
Ilustrasi buah manggis


Pilihlah buah manggis yang memiliki batang serta daunnya yang masih hijau. Tengok juga buah dengan kulit yang sempurna alias tak pecah-pecah dan berwarna ungu gelap.

Selain rasa buahnya yang segar, buah manggis yang matang juga akan menampilkan isian buah yang putih dan daging buah yang kenyal.

5. Buah Naga

Ada dua macam buah naga yang kerap dijumpai di pasaran, buah naga merah (kiri) dan buah naga putih (kanan), yang ukurannya lebih besar.Foto: Rudyanto
buah naga


Indikator penentu manis dan segarnya buah naga dapat dilihat dari jarak 'duri' daunnya yang semakin berjauhan. Tidak jarang buah naga berukuran kecil juga memiliki rasa manis dan segar buahnya yang pas jika diperhatikan dari jarak daunnya.

(ins/chs)

[Gambas:Video CNN]