Pulau Flores, Lembata & Alor Masuk Daftar Destinasi Prioritas

CNN Indonesia | Senin, 22/06/2020 13:26 WIB
Pulau Flores tampak dari udara dalam penerbangan menuju Larantuka, Senin, 21 Maret 2016. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono. Pulau Flores tampak dari udara dalam penerbangan menuju Larantuka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pulau Flores, Lembata, dan Alor kini menjadi destinasi wisata super prioritas di Nusa Tenggara Barat (NTT), mengikuti jejak Labuan Bajo yang telah lebih dulu masuk di dalam daftar tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi NTT, Wayan Darmawa, mengatakan bahwa kawasannya mendapat dukungan luar biasa dari pemerintah pusat untuk pengembangan destinasi wisata super prioritas.

"Seperti kalau destinasi super prioritas Borobudur, yang hanya di sekitar Borobudur itu saja, tapi di NTT kita sudah mencakup seluruh Flores, Lembata, dan Alor," katanya seperti yang dikutip dari Antara pada Senin (22/6).


"Karena itu kami tentu sangat berterima kasih dan mengapresiasi dukungan pemerintah pusat atas usulan dari bapak Gubernur (Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat) untuk pengembangan destinasi super prioritas ini," lanjutnya.

Ia mengatakan, destinasi-destinasi super prioritas tersebut sebenarnya mulai dikembangkan memasuki 2020 ini, namun masih terkendala akibat pandemi virus Corona jenis baru (COVID-19).

Dengan bertambahnya destinasi super prioritas ini pihaknya optimistis sektor pariwisata di NTT ke depan akan semakin berkembang pesat dengan dukungan dari pemerintah pusat.

Hingga saat ini jumlah destinasi wisata secara keseluruhan di provinsi berbasiskan kepulauan itu yang telah teridentifikasi sebanyak 1.378 destinasi yang terdiri dari wisata alam, budaya, dan minat khusus.

"NTT merupakan provinsi dengan destinasi unggulan terbanyak di Indonesia dan dengan kawasan destinasi super prioritas yang semkain luas ini kami yakin pariwisata NTT ke depan bisa menggeliat," katanya.

(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]