Khofifah Isyaratkan Kota Wisata Batu & Kawah Ijen Siap Dibuka

CNN Indonesia | Senin, 22/06/2020 15:07 WIB
Pemandangan di Kawah Ijen, Banyuwangi, Sabtu, 21 September 2019.  Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Terdapat juga fenomena api biru yang hanya terdapat di Ijen dan Islandia. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Pemandangan Kawah Ijen yang terkenal dengan semburan api biru (blue fire). (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan beberapa objek wisata di wilayahnya, seperti Kota Wisata Batu dan Kawah Ijen, siap dibuka kembali setelah mengalami penutupan berminggu-minggu.

Meski siap dibuka, Khofifah memastikan akan ada pembatasan yang diberlakukan di setiap objek wisata demi mencegah gelombang kedua penularan virus corona.

"Misalnya di Batu, itu dibuka dengan pembatasan tertentu," kata Khofifah di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (22/6).


"Dua hari lalu kami koordinasi di Malang Raya. Batu yang kemungkinan siap dibuka itu sekarang yang kebun binatang. Itu Jatim Park, ada empat, salah satu siap dibuka yang kebun binatang," lanjutnya.

Khofifah mengaku telah mewanti-wanti semua pihak agar berhati-hati ketika mulai membuka kembali objek wisata.

Kehati-hatian ini terutama di area yang menimbulkan potensi kerumunan orang.

Dia meminta agar ada petugas yang berjaga dan pengumuman yang disuarakan soal menjaga jarak sosial di area-area yang ramai di setiap objek wisata.

"Di kebun binatang, area yang potensi jadi tempat orang berkerumun adalah di lokasi souvenir dan pintu keluar, itulah yang perlu diantisipasi. Jadi saya minta ada pengumuman untuk mengingatkan soal jarak sosial," pungkasnya.

(tst/ard)

[Gambas:Video CNN]