7 Hal Terlarang Usai Begadang

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/06/2020 22:16 WIB
Woman tired of working , Ilustrasi: Sebagian orang memaksakan diri melakukan beberapa kegiatan usai begadang, padahal ada sejumlah hal yang justru harus dihindari agar tak memperburuk kondisi. (Foto: Istockphoto/South_agency)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kurang tidur pada malam hari bakal membuat Anda merasa lelah di hari berikutnya. Demi bisa tetap fokus bekerja atau berkegiatan lain, sebagian orang acap menjadikan kopi jadi solusi. Kemudian saat ada kesempatan, ada keinginan untuk 'menukar' kekurangan waktu istirahat dengan tidur lebih awal.

Ide-ide tersebut terdengar manjur. Akan tetapi, untuk mengatasi rasa lelah akibat begadang, cukup satu solusi yakni menciptakan jadwal tidur yang sehat setiap malam.

"Mengatur kembali jadwal tidur atau membangun kebersihan tidur yang baik adalah suatu proses dan membutuhkan lebih dari beberapa hari. Itu akan dimulai dengan memiliki waktu bangun tidur konsisten dan mematuhinya. Waktu tidur akan perlahan berganti ke waktu yang lebih awal sehingga membuat Anda memperoleh tidur yang cukup," kata psikolog Nicole Issa mengutip dari Bustle.


Tapi jika sudah telanjur begadang, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada hari berikutnya.

1. Lanjut tidur sampai siang

Bunyi alarm berhasil membuat Anda sadar tetapi gagal membuat Anda beranjak dari kasur. Karena jam kerja masih agak siang, bukankah tidak masalah kalau memejamkan mata sampai jam 9? Tentu keputusan untuk melanjutkan tidur akan sangat menggoda tetapi ini ide buruk.

Melansir dari WebMD, Anda mengatur jam biologis tubuh setiap kali tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Yang paling baik, Anda tetap setia dengan jadwal ini meski malamnya kurang tidur. Bangun pada waktu yang sama akan membuat siklus ini kembali pada jalurnya.

Ilustrasi TidurIlustrasi: Menjaga siklus tidur adalah salah satu menjaga pola istirahat yang sehat. Karena itu hindari kembali tidur hingga siang usai begadang sebab bisa merusak siklus yang sudah terbentuk. (Foto: iStock/Vera_Petrunina)

2. Minum minuman berenergi

Minuman berenergi dianggap bisa menyuplai energi ke tubuh sehingga kerja tidak akan terganggu. Namun sebaiknya minuman seperti ini tidak masuk daftar minuman yang ingin Anda minum setelah begadang.

"Minuman ini kadang mengandung banyak vitamin B yang mana bisa menstimulasi dan kemudian mengakibatkan insomnia, yang mengulang siklus lelah dan mencari minuman ini lagi," ujar Catherine Darley dari The Institute of Naturopathic Sleep Medicine melansir dari Bustle.

3. Tidur siang terlalu lama

Jika ada kesempatan, sebaiknya Anda mengambil waktu untuk tidur siang. Tapi Doug Hale, sleep expert dari Brooklyn Bedding mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih dari 30 menit. Dia menambahkan, tidur siang pun sebaiknya juga menghindari waktu terlalu sore karena ini bisa merusak siklus tidur normal sehingga menimbulkan insomnia.

Melansir dari WebMD, tidur siang selama 20 menit sudah bisa membantu mempertajam fokus dan kemampuan motorik. Tidur selama 90 menit mungkin bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Namun tidur selama kurun waktu 20-90 menit bisa membuat Anda bangun dalam kondisi pening. Sebaiknya Anda menyalakan alarm sehingga aktivitas tidur siang tidak kebablasan.

4. 'Mager' di kamar

Tubuh lelah usai begadang kerap meninggalkan rasa malas untuk pergi keluar kamar atau keluar rumah. Bertemu matahari saja rasanya malas. Padahal keluar rumah dan merasakan terpaan sinar matahari plus melihat kondisi luar bisa memberikan dampak positif.

"Keluar terkena paparan sinar matahari selama 20 menit segera setelah bangun, dilanjutkan dengan keluar rumah selama 10 menit setelah beberapa jam di dalam rumah," Darley menyarankan.

5. Olahraga berat

"Ini mungkin ide yang bagus untuk membakar energi agar memperoleh tidur nyenyak nanti malam, tapi olahraga setelah begadang bisa mengakibatkan kortisol naik yang mana bisa mencegah orang untuk tidur," terang pelatih kesehatan Rachel MacPherson.

Sebaiknya lakukan olahraga ringan saat pagi. Jika tidak, sebaiknya tunda dulu aktivitas olahraga hingga Anda memperoleh cukup tidur.

6. Ngemil

Setelah begadang semalaman, biasanya Anda bakal merasa lapar pada hari berikutnya. Tubuh lelah membuat rasa lapar seperti berlipat atau lebih lapar dari biasanya. Kemudian biasanya Anda menginginkan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana.

Padahal konsumsi makanan yang bergula bisa menaikkan kadar gula darah dan membuat kondisi tubuh lebih buruk. Darley mengingatkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang agar gula darah stabil.

7. Membuat keputusan penting

Tanpa tidur yang cukup, penilaian Anda akan suatu hal menurun. Melansir dari WebMD, sel-sel otak yang sudah bekerja terlalu keras tidak dapat menyatukan pikiran atau mengingat informasi dasar. Bahkan untuk pemahaman dasar saja bisa berbeda.

Karena itu untuk membuat sebuah keputusan penting, sebaiknya Anda menunggu sampai energi kembali terkumpul dan ada baiknya tidur malam yang cukup dulu, baru membuat keputusan keesokan harinya.

(els/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK