Taman Nasional Mulai Dibuka Bertahap Hingga Tengah Juli

CNN Indonesia | Selasa, 23/06/2020 16:05 WIB
Kawasan Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono Kawasan Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 29 taman nasional dan taman wisata alam di Indonesia sudah bisa dibuka secara bertahap dan diproyeksikan hingga pertengahan Juli 2020, seperti yang dikatakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Ia menjelaskan beberapa lokasi atau provinsi yang bisa dibuka secara bertahap yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

"Termasuk Bali, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan sedang kami ikuti terus dan diproyeksikan sedapat-dapatnya dibuka tergantung kondisi COVID-19 serta protokol kesehatan dari Gugus Tugas," katanya seperti yang dikutip dari Antara pada Selasa (23/6).


"Setelah itu kita akan cek kembali beberapa lokasi lain yang juga bisa dibuka secara bertahap," lanjutnya,

Ia menegaskan dari upaya pembukaan taman nasional dan taman wisata alam secara bertahap tersebut, yang paling penting adalah protokol kesehatan terkait COVID-19.

Bahkan, hal tersebut mutlak dilakukan apabila tidak ingin ada temuan kasus baru.

"Setelah pengumuman ini dan sudah ada pedoman dari Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata kami segera memberikan perintah kepada jajaran yang sudah bisa mendukung menurut ketentuan protokol," katanya.

Siti Nurbaya berharap pembukaan 29 taman nasional dan taman wisata alam secara bertahap di beberapa provinsi tersebut dapat memberikan kebaikan bagi daerah dan masyarakat secara umum.

Dikutip dari USA Today, ahli kesehatan mengatakan bahwa wisata alam aman dilakukan sendiri atau bersama orang yang berada dalam satu rumah di kawasan yang tak terlalu ramai.

Meski demikian, asosiasi pendakian di Amerika Serikat, Pacific Crest Trail Association, tidak menyarankan untuk langsung melakukan wisata alam yang ekstrem.

Tempat wisata alam yang dibuka secara bertahap di Indonesia ialah yang berada di zona hijau dan zona kuning.

Sebelum diminta putar balik di tengah jalan, sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin mengenai waktu buka dan tutup tempat wisata tujuan.

Cari tahu juga informasi soal kewajiban membawa surat keterangan bebas virus corona.

(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]