Restoran Terbaik di Dunia Sajikan Menu Berdasarkan Fase Bulan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/06/2020 08:07 WIB
Ilustrasi Pramusaji Ilustrasi. Kembali beroperasi setelah lockdown, restoran terbaik di dunia, Mirazur di Prancis, menghadirkan menu makanan dan minuman sesuai dengan fase bulan. (RestaurantAnticaRoma/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kembali beroperasi setelah masa karantina, restoran terbaik di dunia, Mirazur di Prancis, kini menyajikan makanan sesuai dengan fase bulan.

"Saya tak ingin membuka kembali [restoran] dengan cara yang sama setelah tutup selama tiga bulan sebelumnya," ujar sang koki, Mauro Colagreco, melansir AFP. Pria kelahiran Argentina itu berniat untuk memasukkan 'jiwa' yang baru terhadap restorannya.

Sejak kembali dibuka pada 12 Juni lalu, Mirazur telah menyediakan berbagai menu berbasis bunga, buah, daun, dan akar yang semuanya disajikan sesuai dengan siklus bulan.


Colagreco merupakan koki yang telah memiliki tiga bintang Michelin. Dia dipuji karena menu makanan dan minuman musimannya yang hadir dengan bahan-bahan dari kebunnya sendiri.

"Selama lockdown, saya banyak bekerja di kebun. Hal itu dapat mengatasi kecemasan saya dan benar-benar menghubungkan saya dengan Bumi," ujar Colagreco.

Semasa lockdown juga, Colagreco mulai memikirkan konsep baru untuk restorannya. Baginya, kebun adalah bagian dari restoran dan restoran juga merupakan bagian dari kebun.

"Para petani secara tradisional menanam dan memanen sesuai bulan. Kalender siklus bulan adalah salah satu pemandu kami di kebun," kata Colagreco.

Misalnya, Colagreco akan menabur benih bayam pada 'hari daun' atau saat bulan terbit. Kala itu, ada konsentrasi energi yang lebih besar pada tanaman itu.

Saat berkebun, Colagreco mengikuti prinsip biodinamik atau mengikuti siklus alami. Prinsip itu-lah yang kemudian akan diaplikasikannya pula pada Mirazur.

Colagreco yakin para pelanggan akan merasakan dampak dari hidangan yang disajikan berdasarkan fase bulan ini.

"Kami berusaha menyampaikan pesan tentang melihat alam dengan cara lain dan melakukan kontak dengan alam secara langsung," ujar Colagreco.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]