7 Tanda Sahabat Memendam 'Rasa' pada Anda

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 18:03 WIB
Couple going though difficult times during a road trip. Ilustrasi: Relasi perempuan dan laki-laki acap menimbulkan garis tipis antara persahabatan atau cinta romantis. Berikut tanda yang bisa Anda kenali saat sahabat memendam rasa lebih dari teman. (Foto: Istockphoto/Ferrantraite)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa bilang perempuan dan laki-laki tidak bisa jadi sahabat? Sederet selebriti membuktikan mereka tetap bisa jadi sahabat meski para fans sempat dibuat 'baper', sebut saja Nick Jonas 'Jonas Brothers' dan Demi Lovato, G-Dragon 'Big Bang' dan CL, juga Vidi Aldiano dan Angel Pieters.

Sahabat digambarkan orang yang selalu ada saat Anda berjuang menghadapi patah hati, jatuh cinta, bahkan jadi pendengar untuk cerita-cerita konyol Anda. Kedekatan seperti ini kadang menimbulkan garis tipis batas antara cinta platonis dan romantis.

Tapi selalu ada cara untuk menangkap pertanda, apakah sahabat Anda diam-diam menginginkan hubungan perkawanan biasa atau lebih dari sekadar sahabat. Berikut beberapa sinyal yang bisa jadi indikator sahabat memendam rasa pada Anda.


1. Selalu ada

Saat naksir seseorang, rasanya wajar jika Anda ingin selalu berada di dekatnya setiap saat. Jadi ketika sahabat selalu membatalkan janji atau agendanya demi memenuhi keinginan Anda untuk bertemu, bisa jadi ini tanda dia ada rasa.

"Apakah teman Anda selalu ada untuk diajak bicara, ketemuan, dan bertahan bahkan di menit-menit akhir? Apa dia bersedia membatalkan rencananya demi Anda? Ada peluang bagus mereka ingin menjadi lebih dari sekadar teman," ujar relationship coach Brenda Della Casa mengutip dari Elite Daily.

2. Berusaha menghindari 'friendzone'

Dia kerap menyinggung soal zona teman alias friendzone? Ini bisa jadi tanda yang jelas bahwa dia menginginkan hubungan persahabatan ini jadi hubungan cinta romantis.

Della Casa menyebut, saat sahabat terlihat ngeri atau enggan ketika Anda menyebutnya sebagai teman, ini seperti ingin memberikan Anda sinyal akan perasaan mereka yang sesungguhnya.

3. Cemburu versi baru

Dalam hubungan persahabatan, obrolan soal seseorang yang ditaksir adalah hal biasa. Namun sahabat yang punya 'rasa' terhadap Anda, obrolan ini bakal membawa rasa tidak nyaman buat mereka atau mungkin bisa dibilang cemburu.

"Mungkin dia bakal tidak peduli dengan orang yang Anda taksir atau mencoba untuk menyabotase hubungan Anda dengan menanamkan keraguan atau langsung memberikan penilaian negatif tentang gebetan Anda," kata Della Casa.

4. Banyak melontarkan pujian

Teman atau sahabat terbiasa dengan saling melontar pujian. Hanya saja, coba perhatikan jika ada hal yang sedikit berbeda. Menurut Della Casa, ada kemungkinan mereka menyelipkan perasaan mereka di sela pujian ini.

"Kebanyakan teman akan memberi tahu Anda ketika Anda terlihat hebat, apa yang mereka hargai tentang Anda, dan memberikan selamat kepada Anda atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik, tetapi jika Anda sadar Anda mendapatkan pujian tiap kali kontak, itu adalah tanda mereka tertarik," imbuh dia lagi.

5. Nongkrong rasa kencan

Serangkaian upaya bakal dia lakukan untuk menarik Anda dari relasi platonik ke relasi romantis. Salah satu caranya, dia bakal mengajak Anda nongkrong tetapi dengan 'vibe' atau suasana bak kencan. Della Casa mengatakan memang bukan hal aneh jika Anda dan sahabat pergi makan malam, makan siang atau minum bersama, tetapi ada perbedaan besar saat makan bersama sahabat dan pergi ke restoran untuk makan malam romantis.

"Pergi untuk sekadar minum di bawah nyala lilin tidak selalu berarti seseorang tertarik dengan ide ini tetapi jika mereka secara konstan mengajak Anda buat melakukan aktivitas seperti kencan bersama, ini jadi tanda mereka mencoba untuk mengubah arah hubungan," jelas Della Casa.

6. Ingin dekat dengan keluarga Anda

Della meminta Anda untuk mengenali tanda-tanda khas dari seorang yang ingin menjalin hubungan romantis dengan Anda. Apa dia baru-baru ini berjuang untuk lebih dekat dengan keluarga atau teman-teman Anda? Jika ya, ini pertanda dia ingin mendapatkan persetujuan dari mereka yang di sekitar Anda.

"Apa teman Anda mengajak Anda makan siang bersama ibu mereka atau terus berusaha membuat orang tua Anda terkesan? Ketika seseorang menyukai Anda, mereka akan menginginkan persetujuan dari orang-orang terdekat Anda," ungkap dia.

7. Dia menggoda Anda

Dinamika persahabatan kadang bisa berubah saat dia memendam rasa pada Anda. Ini bakal sangat terlihat saat dia menggoda Anda baik secara verbal atau secara bahasa tubuh.

"Mau itu menyentuh pundak, dengkul, kontak mata, atau mengangkat alis saat dia melihat Anda, manusia cenderung memberikan sinyal bahwa mereka tertarik,"ujar Della Casa.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]