5 Tips Memilih Busana Kerja 'Anti-gerah'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/06/2020 06:09 WIB
Group of programmers developing new software on desktop PC's in the office. Focus is on man in the foreground. Ilustrasi. Cuaca panas menjadi salah satu pertimbangan saat mencoba padu padan busana kerja. (Istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kembali bekerja di kantor berarti Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada daster dan kaus oblong. Saatnya kembali mengenakan busana kasual atau formal untuk pergi bekerja.

Namun, berbagai hal jadi pertimbangan saat mencoba padu padan busana. Salah satunya adalah pertimbangan cuaca. Cuaca yang panas membuat Anda harus pintar menyeleksi busana kerja yang akan dikenakan.

Berikut tips memilih busana kerja saat cuaca panas, merangkum berbagai sumber.


1. Pilih warna cerah

Untuk mendinginkan suasana, pilih warna-warna cerah. Mengutip Forbes, style concultant Sherrie Mathieson merekomendasikan warna-warna netral seperti putih, cokelat sawo matang, abu-abu tua, atau abu-abu pucat. Warna-warna ini dapat membantu Anda beradaptasi dengan cuaca panas tanpa terlihat membosankan.

2. Cari bahan ringan

Pilih busana dengan bahan-bahan ringan seperti linen, katun, atau muslin (kain kasa). Tak masalah jika Anda ingin mengenakan denim. Namun, Anda disarankan untuk mengenakan potongan denim yang longgar. Potongan busana longgar membuat Anda tidak mudah berkeringat.

Untuk sementara waktu, hindari bahan-bahan seperti kulit atau suede. Bahan-bahan ini memang terlihat profesional dan gaya, tetapi tak cukup bijak jika dikenakan saat cuaca panas.

Colleagues working at a womanâIlustrasi. Kembali bekerja di kantor berarti saatnya Anda kembali dengan padu padan busana kerja. (Istockphoto/monkeybusinessimages)

3. Pakaian berlapis

Ingin bermain dengan layering? Tidak masalah, asal ruangan kantor Anda memang cukup dingin. Sebagian kantor kerap mengatur pendingin ruangan nyaris sedingin ruang penyimpanan daging.

Bridgette Raes, penulis Style Rx: Dressing the Body You Have to Create the Body You Want, mengatakan bahwa Anda bisa memadukan jaket dan blus tanpa lengan. Anda bisa melepas jaket saat udara makin panas dan kembali mengenakan jaket jika memang perlu tampilan yang lebih tertutup.

Dia menambahkan, jangan terlalu terpaku dengan cardigan untuk urusan padu padan. Coba ganti dengan sweater ringan yang mudah dipadukan dengan busana lain.

4. Jajal busana one-piece

Mengenakan atasan, bawahan, dan terkadang dipadu dengan luaran kerap membuat pusing. Tak ada salahnya mencoba wrap dress atau jumpsuit.

Mathieson mengatakan, pilih dress yang ringan tapi dengan bahan yang tidak cepat kusut seperti campuran katun atau campuran linen dan sutera. Anda juga bisa menggunakan campuran bahan lycra atau spandex.

Perhatikan pula jahitan. Dress yang murah sekalipun bakal terlihat mahal dan bagus saat jahitannya rapi.

5. Aksesori minimal

Busana di cuaca panas biasanya bakal terlihat lebih kasual. Namun, dengan aksesori yang tepat, Anda bisa tampil lebih menawan.

Tak perlu banyak, cukup tentukan satu aksesori yang unik dan menarik perhatian. Mathieson merekomendasikan memilih satu aksesori yang menonjol semisal statement necklace atau jam tangan oversize.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]